BERITA

Pemprov Aceh Siap Tampung Rohingnya

"Berdasarkan data tercatat secara keseluruhan jumlah pengungsi rohingnya yang terdampar di Aceh mencapai 1.000 orang."

Erwin Jalaluddin

Pemprov Aceh Siap Tampung Rohingnya
Wagub Aceh, Muzakkir Manaf, menyerahkan kunci kepada Tokoh Rohingnya di Shelter Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Foto : KBR/Erwin Jalaluddin

KBR, Lhokseumawe– Pemerintah Provinsi Aceh menyatakan bersedia menampung seluruh pengungsi Rohingya yang terdampar di wilayahnya. Apabila para pengungsi itu tak mendapatkan perlindungan dari negara ketiga. Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf mengatakan, pihaknya siap menerima imigran  tersebut. Bahkan, pengungsi dijamin bakalmemperoleh kehidupan yang layak seperti status masyarakatnya di Aceh. 

” Ya.., menurut hemat Saya seperti yang Saya katakan tadi! Jika mereka (rohingnya­red) tidak ditempatkan di negara ketigatentunya Pemerintah Aceh siap menampungnya untuk ditempatkan disisni. Dan, Kami sudah koordinasi dengan seluruh bupati dan walikota untuk menampungnya sebanyak­banyaknya, ” kata Muzakkir, Kamis (13/8). 

Berdasarkan data tercatat secara keseluruhan jumlah pengungsi rohingnya yang terdampar di Aceh mencapai 1.000 orang. Lebih dari 320 orang di antaranya diungsikan ke shelter imigran di Kabupaten Aceh Utara, sedangkan sisanya tersebar di Kabupaten Aceh Timur dan Kota Langsa. 

Editor: Malika

  • pengungsi Rohingya
  • pengungsi rohingya aceh
  • muzakkir manaf

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!