NTT Butuh 2 Ribu Kantong Darah Per Bulan

BERITA , NUSANTARA

Sabtu, 01 Agus 2015 13:43 WIB

Author

Silver Sega

NTT Butuh 2 Ribu Kantong Darah Per Bulan

Ilustrasi donor darah. (Foto: Antara)

KBR, Kupang - Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Timur mengklaim daerahnya membutuhkan 2 ribu kantong darah perbulan. Wakil Ketua PMI NTT, Bidang Donor Darah, Yovita Nike Mita mengatakan untuk memenuhi kebutuhan ini masih bergantung pada pendonor pengganti atau keluarga.
 
"Untuk kota Kupang dan Nusa Tenggara Timur Rata-rata sebulan dibutuhkan kurang lebih 2000 kantong darah. Untuk NTT kurang lebih 60 persen kebutuhan darah masih bergantung pada donor darah pengganti atau keluarga. Kita mengapresiasi para pendonor darah sukarela yang  telah melakukan baktinya dengan penuh dedikasi bahkan terkadang dalam situasi yang sulit untuk memberikan bantuan kepada sesama manusia yang  membutuhkan darah," kata Yovita Nike Mitak di Kupang, Sabtu (01/08). 

Wakil ketua PMI NTT, Yovita Nike Mitak menambahkan untuk menjaga ketersediaan stok darah, PMI NTT bekerjasama dengan berbagai lembaga termasuk lembaga pendidikan. Dia menyambut baik gerakan seribu kantong darah dari STIKES CHM Kupang. Selain itu, PMI juga memiliki kelompok sukarelawan sebanyak 12.650 orang yang siap mendonorkan darahnya secara periodik. Mereka mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali.

Dari data yang dimiliki PMI NTT, kebutuhan stok darah di Kota Kupang, lebih dari seribu kantong darah. Menyusul, Maumere mencapai 500 katong per bulan, Ruteng 300 katong, Atambua 300, sedangkan untuk wilayah lain  hanya membutuhkan 100-200 kantong per bulannya.

Editor: Erric Permana 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17