BERITA

Museum Seribu Moko Alor Koleksi 45 Moko

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur klaim saat ini 45 moko tersimpan di museum seribu moko."

Silver Sega

Ilustrasi museum foto: Antara
Ilustrasi museum foto: Antara

KBR, Kupang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur mengklaim punya 45 moko di Museum Seribu Moko. Kepala Tata Usaha Museum Seribu Moko, Yulianti Peny mengatakan, selain moko, museum ini juga mengoleksi nekara. Dia mengatakan benda-benda yang tersimpan di Museum itu semuanya asli bukan replika atau tiruan.

"Kita sekarang punya moko sudah lebih dari 40 sekitar 45 buah moko termasuk nekara, nekara yang besar itu, itu ada yang tipe heger, tipe 2 dan heger tipe 2, itu sampai 45. Terus kita juga punya koleksi tekstil berupa kain-kain yang dimiliki hampir 17 kecamatan yang ada di kabupaten ini, baik yang bahanya hasil benang pabrik, maupun masih alami. Tenun - tenun dulu yang serat kapas asli dengan menggunakan pewarna alami," kata Yulianty Peny yang dihubungi dari Kupang Sabtu (08/08).


Yulianti Peny menambahkan, moko merupakan benda unik yang menjadi ciri khas Kabupaten Alor. Selain moko dan nekara, juga tersimpan alat-alat dapur dan alat tenun jaman dulu. Juga ada kain Patola seldri peninggalan India juga guci-guci dari Cina. Setiap hari museum itu selalu dikunjungi baik oleh anak-anak sekolah maupun wisatawan mancanegara.  
  • museum
  • 45 moko tersimpan di museum seribu moko
  • museum seribu moko
  • 45 moko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!