Enam WNA Ditahan Imigrasi Malang

Mereka menggunakan visa kunjungan usaha, padahal selama ini mereka bekerja sebagai pemasang mesin oven pabrik sejak 20 hari lalu.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 21 Agus 2015 20:00 WIB

Author

Eko Widianto

Enam WNA Ditahan Imigrasi Malang

KBR, Malang - Empat warga negara Tiongkok dan dua asal Taiwan ditahan kantor Imigrasi Malang, Jawa Timur. Keenam warga negara asing tersebut ditangkap karena melanggar izin keimigrasian. Mereka menggunakan visa kunjungan usaha, padahal selama ini mereka bekerja sebagai pemasang mesin oven pabrik sejak 20 hari lalu.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan keimigrasian Kantor Imigrasi Malang, Baskoro Dwi Prabowo menjelaskan keenam warga negara asing ini melanggar Undang-Undang Keimigrasian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. Saat ini mereka ditahan di rumah detensi imigrasi setempat

"Disitu kami temukan empat warga cina dan dua warga taiwan diduga melanggar ijin keimigrasian. Kita lakukan proses penyidikan nanti kita kumpulkan bukti," ujarnya.

Berkas perkara keenam warga negara asing ini segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidang guna memberikan efek jera. Selama delapan bulan kantor imigrasi Malang mendeportasi 40 warga asing karena melanggar izin tinggal. Pelanggar aturan imigrasi paling banyak dilakukan warga negara Tiongkok, disusul Korea dan Taiwan. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10