NUSANTARA

Premium Dibatasi, Warga Terpaksa Beli Pertamax

"Pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah mulai berdampak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mulai kehabisan stok BBM bersubsidi."

Friska Kalia

Premium Dibatasi, Warga Terpaksa Beli Pertamax
Premium Dibatasi, Pertamax

KBR, Bondowoso – Pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah mulai berdampak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mulai kehabisan stok BBM bersubsidi.
 
Manager SPBU Tamansari Bondowos, S Jagir mengatakan, habisnya bahan bakar premium di SPBU ini merupakan dampak dari pengurangan kuota BBM yang sudah berlangsung sejak 18 Agustus lalu. Menurutnya, ada pengurangan hingga 40 persen BBM di SPBU.
 
“Kalau normal premium 32 kiloliter (kl) sekarang hanya dikirim 16 kl. Kalau solar 8 kl  tetap hanya saja dikirim dua kali sehari. Kalau pengiriman tetap setiap hari, hanya memang ada pengurangan sampai 50 persen,” kata Jagir saat ditemui Portalkbr di SPBU Tamansari, Selasa (26/8).
 
Menurut Jagir, pengurangan kuota premium dan solar bersubsidi ini memang merupakan kewenangan pusat. Sehingga kehabisan stok BBM menjadi hal yang tidak bisa dihindari.
 
Berdasarkan pantauan Portalkbr dilapangan, ada tiga SPBU di Bondowoso yang mulai kehabisan stok BBM diantaranya SPBU Tamansari, Diponegoro dan Mastrip. Masyarakat yang datang terpaksa membeli BBM jenis pertamax yang harganya lebih mahal dari premium yakni Rp11.500 per liter.
 
Selain premium, stok solar di SPBU tersebut juga mulai menipis. Mulai terlihat antrean truk dan mobil berbahan bakar solar di seluruh SPBU di kawasan Kota Bondowoso. 

Editor: Anto Sidharta

  • Premium Dibatasi
  • Pertamax

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!