NUSANTARA

Hutan Jadi Kebun Sawit, Aceh Kini Kekeringan

"hutan, sawit, aceh, aceh besar, mongabay"

Mongabay-Green Radio

Hutan Jadi Kebun Sawit, Aceh Kini Kekeringan
hutan, sawit, aceh, aceh besar, mongabay

Salma, seorang petani asal Lieu, Darussalam di Aceh Besar, kini menganggur. Sawahnya kering, padahal masa turun ke sawah sudah tiga bulan berlalu. “Air irigasi sempat mengaliri persawahan, tetapi persediaannya yang terbatas membuat bibit padi mati sebelum ditanami,” ucapnya.


Sudah delapan bulan ini Aceh dilanda kekeringan. Akibatnya, ratusan hektar sawah terancam gagal panen dan warga kesulitan air bersih karena sumurnya mulai mengering. Darussalam adalah kecamatan yang paling terkena dampak di Aceh Besar, selain Kuta Baro dan Ingin Jaya. Di wilayah ini, sungai sudah tidak ada lagi airnya. Hanya di Kecamatan Indrapuri dan Blang Bintang, padi masih menghijau karena ada irigasi. Kekeringan ini juga meluas hingga ke sebagian pantai barat dan timur Aceh.


Demi meminta hujan, masyarakat di Kecamatan Darussalam dan Kuta baro menggelar salat Istiska. Di dua kecamatan ini, warganya menggantungkan hidup mereka dari bertani. Salma berharap hujan akan turun. “Semoga doa kita dikabulkan, sudah depalan bulan kami tidak merasakan hujan,” paparnya.


Demi mengatasi krisis air, warga di Tualang Cut, Aceh Tamiang menggali sumur bor. “Untuk satu hektar satu sumur,” kata Zakaria, petani setempat. Zakaria menuturkan, meski belakangan sering mendung, tapi hujan tak turun juga. “Sejak tiga tahun terakhir, kami gali sumur bor untuk mengaliri air ke sawah, “ujarnya.


Kabupaten Aceh Besar adalah salah satu sentra pertanian di Aceh, dengan luas sawah lebih dari 30 ribu hektar, dari total luas sawah di Aceh sebesar 164 ribu hektar. 


Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh, Muhammad Nur, mengatakan, kekeringan terjadi karena musim hujan yang tak lagi menentu. Menurut Nur, ini semua makin parah karena banyak hutan yang dialihfungsikan menjadi kebun sawit. 


“Aktivitas manusia di hutan saat ini semakin tinggi. Hutan sebagai pusat air sudah dikebunkan dan ditambangkan,” ujarnya.


Menurut data Walhi, ada sekitar 17 kabupaten/kota di Aceh yang mengalami kekeringan. Ia berharap, komitmen pemerintah untuk menjaga hutan sebagai sumber air lebih ditingkatkan.


Tulisan ini hasil kerja sama Mongabay dan Green Radio


  • hutan
  • sawit
  • aceh
  • aceh besar
  • mongabay

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!