NUSANTARA

Siang Ini Diprediksi Jakarta Bakal Dapat Banjir Kiriman Lagi

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan banjir akan kembali menggenangi sebagian wilayah Jakarta."

Pipit Permatasari/Evelyn Falanta

Siang Ini Diprediksi Jakarta Bakal Dapat Banjir Kiriman Lagi
banjir, jakarta

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan banjir akan kembali menggenangi sebagian wilayah Jakarta. 


Juru Bicara BPBD DKI Jakarta, Bambang Suryaputra mengatakan, Kemungkinan siang ini rumah-rumah yang berada di bantaran Kali Angke akan tergenang banjir. Kata dia, daerah-daerah yang akan tergenang di antaranya, Rawa Buaya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


"Kali Angke sudah mulai naik, nih. Hari ini akan naik dalam waktu empat jam. Akan tergenang di beberapa RT-RT yang tinggal di bantaran tersebut. Untuk yang berada di kawasan atau yang melalui Rawa Buaya dan Kebon Jeruk sekitarnya agar waspada," ujarnya saat dihubungi KBR68H.


Juru Bicara BPBD DKI Jakarta, Bambang Suryaputra menambahkan tinggi air Kali Angke naik akibat guyuran hujan deras di wilayah Bogor dan Parung. 


Sementara itu, sejumlah warga Kampung Pulo, Jakarta Timur yang mengungsi akibat banjir kiriman sudah dapat kembali ke rumahnya. Sedikitnya, kurang dari 100 keluarga mengungsi selama terendam banjir. Ketua RT 16 RW 03 Kampung Pulo Jakarta Timur, Wawan Sanwani mengatakan tidak ada korban dalam bencana banjir kiriman ini.


"Kondisi pada hari ini, mulai dari subuh tadi genangan air itu memang sudah tidak ada. Dan air sudah mulai normal menempati posisi kalinya. Kalau masalah pengungsi dari mulai malam Jumat habis shalat maghrib juga sudah kosong. Mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing," terang Wawan saat dihubungi KBR68H.


Sebelumnya, sejak Rabu (7/8) malam lalu rumah warga di Kampung Pulo terendam air banjir kiriman dari Bogor lantaran air di kali Ciliwung meluap. Warga pun terpaksa merayakan lebaran dalam kondisi banjir.


Editor: Antonius Eko 

  • banjir
  • jakarta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!