NUSANTARA

Petani Jombang Boikot Pengiriman Tebu

"Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) di Jombang, Jawa Timur, berdemonstrasi di Pabrik Gula Cukir. Mereka memboikot pengiriman tebu ke pabrik tersebut."

Muji Lestari

Petani Jombang Boikot Pengiriman Tebu
petani tebu, jombang

KBR68H, Jombang – Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) di Jombang, Jawa Timur, berdemonstrasi di Pabrik Gula Cukir. Mereka memboikot pengiriman tebu ke pabrik tersebut. 


Salah satu petani, Yahya Solahudin mengatakan, aksi demo dipicu oleh rendahnya rendemen yang ditetapkan pihak pabrik karena dampak anomali cuaca, yakni hanya sekitar 5 sampai 6 persen. Mereka menuntut adanya kenaikan dan jaminan rendemen minimal 8 persen sesuai yang diatur di Perda Provinsi tahun 2012.


"Kemarin waktu musim hujan itu rendemen kita sudah ada yang 7,5. Sekarang malah ada 6 sampai 5,9 itu ada, itu yang jadi permasalahan. Makanya petani ini tuntutannya nggak terlalu banyak. Ayo kita ngomong kita transparankan rendemen yang kemarin sudah 7 itu sekarang kemana kok malah jadi 6? mestinya kalau musim kemarau itu rendemennya malah naik kok ini malah turun? apa ini orang ternak katak," ujar Yahya.


Para petani tebu Jombang juga melakukan aksi berhenti tebang tebu sampai tuntutannya dipenuhi. Mereka mengancam akan melakukan aksi lanjutan secara gabungan jika sampai batas waktu yang mereka tentukan tuntutan tersebut tidak dipenuhi oleh pihak pabrik.


Editor: Antonius Eko 


  • petani tebu
  • jombang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!