NUSANTARA

Papua Tak Siap Gelar Pemilu Tahun Depan

"Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyatakan, Papua belum siap melaksanakan pemilu 2014 mendatang."

Pipit Permatasari

Papua Tak Siap Gelar Pemilu Tahun Depan
pemilu, papua

KBR68H, Jakarta - Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyatakan, Papua belum siap melaksanakan pemilu 2014 mendatang. 


Direktur LP3ES Kurniawan Zein mengatakan, sebanyak 80 persen desa di Papua tidak mengumumkan Daftar Pemilih Sementara, DPS. Hal tersebut karena banyak kecamatan di Papua yang belum membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan PPK, Panitia Pemungutan Suara PPS dan Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih untuk pemilu 2014 mendatang.


"Ada sekitar 79,8 persen DPS di 109 desa yang kami monitoring tidak ada DPS. Semakin ke bawah gap kekurangsiapan semakin besar di wilayah Papua. Hanya sekitar 20,2 persen saja ditemukan DPS. Pada saat pengumuman DPS, yaitu tanggal 11-24," kata Kurniawan Zein. 


Direktur LP3ES Kurnia Zein menambahkan, untuk mengumumkan DPS, KPU setempat harus melakukan beberapa hal penting. Seperti verifikasi dan update daftar pemilih. Namun proses tersebut tidak dapat dilakukan tanpa adanya keberadaan lembaga pelaksana pemilu di semua tingkat. Mulai dari provinsi, kabupaten sampai desa.


Editor: Antonius Eko 

  • pemilu
  • papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!