NUSANTARA

Lakukan Ini, Ketua KPU Jatim Dituding Tak Netral

"Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bakal meminta Ketua KPU Jawa Timur, Andrey Dewanto Ahmad mengklarifikasi tersebarnya pesan singkat dukungan terhadap salah satu pasangan calon Gubernur. Pesan itu tersebar sebelum debat kandidat calon gubernur dan wakil gub"

Pipit Permatasari

Lakukan Ini, Ketua KPU Jatim Dituding Tak Netral
Ketua KPU Jatim, Tak Netral

KBR68H, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bakal meminta Ketua KPU Jawa Timur, Andrey Dewanto Ahmad mengklarifikasi tersebarnya pesan singkat dukungan terhadap salah satu pasangan calon Gubernur. Pesan itu tersebar sebelum debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di gelar.

Anggota Bawaslu Endang Widatiningtyas mengatakan pesan singkat seperti itu sudah pasti melanggar perundangan soal pemilukada.

"Kalau itu harus kita lihat dan cermati dulu. Apakah kata-katanya yang disampaikan memang betul indikasinya kepada salah satu pasangan calon. Tentu harus dilakukan kepada yang bersangkutan. Kami akan berkoordinasi dengan Bawaslu Jawa Timur," ujar Endang Widatiningtyas di Jakarta.

Sebelumnya, Ketua KPU Jatim Andrey Dewanto Ahmad dianggap tidak netral sebagai orang nomor satu di lembaga penyelenggara pemilu.

Dalam pesan singkat atau BBM, Andrey mempromosikan Khofifah sebagai cagub terbaik yang diusung PKB. Pesan itu disebar menjelang debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang digelar salah satu TV Swasta Nasional.

Editor: Anto Sidharta
 

  • Ketua KPU Jatim
  • Tak Netral

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!