NUSANTARA

Hal Ini Kerap Jadi Masalah Pengembangan Wisata di Ambon

"Upaya Dinas Pariwisata kota Ambon, Provinsi Maluku, hingga kini kerap terkendala oleh status lahan saat akan mengembangkan obyek wisata."

Radio DMS

Hal Ini Kerap Jadi Masalah Pengembangan Wisata di Ambon
Masalah Pengembangan Wisata, Ambon, Maluku

KBR68H, Ambon - Upaya Dinas Pariwisata kota Ambon, Provinsi Maluku, hingga kini kerap terkendala oleh status lahan saat akan mengembangkan obyek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata kota Ambon Pieter Ohman mengatakan, sebagian besar lahan objek wisata terutama pantai yang ada di kota Ambon sebagian besar milik masyarakat.

Status lahan itulah yang menyebabkan upaya pengembangan pariwisata belum bisa berjalan dengan maksimal. Pieter Ohman menambahkan, pihaknya masih merasa khawatir untuk mengelola atau membangun sebagian objek wisata kota karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah.

Menurut dia, jika objek wisata sudah dibangun dan muncul masalah terkait kepemilikan lahan maka akan merugikan Pemerintah Kota Ambon.

Oleh karena itu ke depan, kata dia, pihaknya akan melakukan pendekatan dengan sejumlah pemilik lahan, agar objek wisata dikelola dengan sistem bagi hasil.

Menurut Pieter Ohman sistem bagi hasil ini merupakan kebijakan untuk meminimalisir saling klaim antarpemilik lahan dan Dinas Pariwisata Kota Ambon.

Sumber: DMS
Editor: Anto Sidharta

  • Masalah Pengembangan Wisata
  • Ambon
  • Maluku

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!