NUSANTARA

300 Ribu Penumpang Belum Balik Melalui Pelabuhan Merak

"KBR68H, Jakarta - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak, Banten memperkirakan masih ada hampir 300 ribu penumpang arus balik yang belum melalui Pelabuhan Merak"

Indra Nasution

300 Ribu Penumpang Belum Balik Melalui Pelabuhan Merak
lebaran, pelabuhan merak, arus balik

KBR68H, Jakarta - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak, Banten memperkirakan masih ada hampir 300 ribu penumpang arus balik yang belum melalui Pelabuhan Merak. Juru Bicara PT ASDP Merak Mario S Utomo mengatakan, arus balik masih akan terus terjadi sampai 4 hari ke depan. Sementara untuk puncaknya dia memperkirakan akan terjadi pada Jumat pekan ini.

"Sudah kembali kurang lebih setengahnya dari arus mudik kemarin yang terlihat padat roda dua, sudah 55 % kurang 45 % lagi, dalam angkanya sekitar 25 ribuan, kemudian untuk penumpang baru mencapai 48 % atau masih ada 52% lagi di Sumatera, belum menyeberang ke Jawa, atau dalam angkanya sekitar 295 ribuan yang belum kembali," kata Mario kepada KBR68H

PT ASDP Merak mempercepat waktu bongkar muat pada arus balik. Mario mengatakan, pemangkasan ini bertujuan mengantisipasi penumpukan penumpang. Kata dia, waktu proses bongkar muat yang normalnya 60 menit dipangkas menjadi sekitar 10 hingga 20 menit. Selain itu, PT ASDP menyiapkan 2 unit bus untuk penumpang pejalan kaki menuju ke terminal di sana.

Editor: Suryawijayanti

  • lebaran
  • pelabuhan merak
  • arus balik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!