NUSANTARA

Persiapan Pembentukan Mapolda di Tiga Provinsi Baru Papua

"Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri bakal segera berkoordinasi dengan Mabes Polri mengenai rencana pembangunan tiga mapolda baru."

Arjuna Pademme

Persiapan Pembentukan Mapolda di Tiga Provinsi Baru di Papua
Kapolda Papua Mathius D Fakhiri. Foto: humas.polri.go.id

KBR, Jayapura- Kepolisian Daerah (Polda) Papua mulai mempersiapkan rencana pembentukan markas kepolisian daerah (mapolda) di tiga provinsi baru di sana.

Persiapan itu dilakukan setelah DPR dan pemerintah mengesahkan tiga rancangan undang-undang (RUU) daerah otonomi baru (DOB) Papua, Kamis, (30/6/2022). Yakni, Undang-Undang Pembentukan Provinsi Papua Selatan; Provinsi Papua Tengah; dan UU Pembentukan Provinsi Pegunungan Tengah.

Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri mengatakan langkah pertama yang akan dilakukan adalah mempersiapkan lahan untuk pembangunan mapolda.

"Akan membantu Polri untuk menyiapkan lahan-lahan untuk pembangunan polda, itu konsen saya. Nanti, saya akan melapor kepada pimpinan lebih tinggi dari saya," kata Mathius D Fakhiri, Rabu, (6/7/2022).

Baca juga:

Selain itu, Polda Papua juga akan mempersiapkan sumber daya manusia untuk menempati jabatan kapolda dan wakapolda di tiga provinsi baru.

"Untuk kita paling tidak menyiapkan LO (Liaison Officer---naradamping), LO yang mungkin pangkatnya cukup mumpuni untuk bisa sebagai jembatan komunikasi, membantu kapolda, membantu kapolri dalam mempersiapkan bagaimana terbentuknya organisasi Polri di masing-masing polda baru. Paling tidak perwira yang mengenal karakter kultur Papua," kata Mathius.

Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri bakal segera berkoordinasi dengan Mabes Polri mengenai rencana pembangunan tiga mapolda baru. Sebab, rencana ini mesti melalui berbagai tahapan dan pembahasan dengan para pihak terkait.

Pembahasan yang akan dilakukan antara lain dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Pembentukan mapolda baru nantinya juga akan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan organisasi di tiga provinsi baru.

Editor: Sindu

  • Tiga Mapolda Baru
  • Tiga Provinsi Baru
  • 3 Provinsi Baru
  • Papua
  • Polda Papua
  • Mabes Polri
  • Pemekaran Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!