BERITA

Kendaraan Pemudik dari Pulau Dewata Meningkat 22 Persen

""Untuk kendaraan barang kita pantau terakhir itu per jam 9 pagi di depan kantor PDAM Gilimanuk kurang lebih 1,5 kilometer.""

Kendaraan Pemudik dari Pulau Dewata Meningkat 22 Persen
Pemudik turun dari kapal feri di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur (2/7). (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi- PT.  Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan  (ASDP) Ketapang-Gilimanuk, telah menyeberangkan 77 ribu lebih orang, ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk Bali hingga H-2 Lebaran ini. Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebanyak  20 ribu unit  lebih atau naik 28 persen dari tahun lalu sebanyak 15 ribu unit lebih, dan kendaraan roda empat sebanyak 6600 unit lebih atau naik sekitar 17 persen dari 5600 unit lebih kendaraan pada tahun lalu.

Juru Bicara PT ASDP Ketapang-Gilimanuk Shandi Nugroho mengatakan, kendaraan yang menyeberang di Selat Bali masih didominasi oleh kendaraan roda dua karena sebagian besar pemudik yang bekerja di Pulau Bali menggunakan sepeda motor.

Kata Shandi, hingga   Senin pagi  (4/7/2016) masih terjadi antrean kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk Bali. Namun antrean tersebut sudah berkurang dibandingkan pada H-4 dan H-3 lebaran   yang mencapai 10 kilometer dari pelabuhan. Kata dia, antrean kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk Bali saat ini menyisakan 2 kilometer dari pelabuhan.


“Masih ada antrean kendaraan, namun sudah berkurang. Untuk kendaraan barang kita pantau terakhir itu per jam 9 pagi di depan kantor PDAM Gilimanuk kurang lebih 1,5 kilometer. Namun untuk kendaraan pribadi roda empat dan bus itu berada di gang-gang berada di jalur alternatif untuk mengurai antrean, dari kepolisian Jemberana itu kurang lebih sekitar 1 kilometer,” kata   Shandi Nugroho, Senin (4/7/2016).

Juru Bicara PT ASDP Ketapang-Gilimanuk Shandi Nugroho memperkirakan, sisa antrean kendaraan di pelabuhan Gilimanuk, bisa terurai pada Senin sore ini. Sebab diprediksi volume kendaraan yang hendak menyebrang ke Pulau Jawa terus berkurang. Karena puncak arus mudik lebaran di penyebrangan Jawa-Bali sudah terjadi pada   Sabtu Hingga Minggu kemarin.

Pantauan di lapangan untuk arus penyebrangan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur, mulai menunjukan peningkatan penumpang. Hingga H-2 Lebaran ini tercatat 24 ribu lebih orang menyebrang ke Pulau Bali. Jumlah itu naik 33 persen dari tahun lalu yang mencapai 18 ribu lebih orang.

Kendaraan roda dua mencapai 700 unit lebih naik 23 persen dari tahun lalu yang mencapai 600 unit lebih. Sedangkan kendaraan roda empat mencapai 3000 unit lebih naik 55 persen dari tahun lalu yang mencapai 2000 unit lebih.


Editor: Rony Sitanggang

  • mudik 2016
  • Juru Bicara PT ASDP Ketapang-Gilimanuk Shandi Nugroho
  • pelabuhan ketapang banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!