Bagikan:

Gubernur Ganjar: Program Mitra 25 dan 02, Bakal Gusur Rentenir

Program yang dilaksanakan melalui Bank Jateng

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 01 Jul 2016 16:02 WIB

Author

Muhamad Ridlo

Gubernur Ganjar: Program Mitra 25 dan 02, Bakal Gusur Rentenir

Gubernur Ganjar saat berkumpul bersama sejumlah warga Jawa Tengah. (Foto:Muhammad Ridlo/KBR)

KBR, Semarang– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengklaim program Mitra 25 dan Mitra 02, yakni fasilitas kredit untuk UMKM dan pelaku usaha lain dengan suku bunga di bawah 7 persen dan 2 persen, mampu melepaskan pelaku usaha dari jeratan rentenir.

Ganjar mengatakan program yang dilaksanakan melalui Bank Jateng tersebut diarahkan untuk membantu pelaku usaha kecil, termasuk petani dan nelayan. Menurut dia, petani kerap terjerat rentenir saat memasuki masa pengolahan lahan, pembelian bibit dan pupuk, serta di masa perawatan.

Sedangkan nelayan, tiap kali berangkat melaut kerap meminjam pada rentenir. Kata Ganjar, ikan akan dijual lagi ke rentenir dengan harga lebih rendah dari harga pasaran.

"Kalau mau melaut itu, nelayan harus membeli beras, membeli minyak goreng, beli gas, minyak tanah, sembako. Makannya sebenarnya nggak jauh-jauh, itu-itu saja, hanya mie instan. Itu ternyata mereka tidak punya. Ini dari mana dibawain, dari mana itu? Ternyata mereka berhutang kepada rentenir. Jadi modalnya saja sudah hutang. Solarnya dari mana? Ya dipinjemin lagi. Terus ke laut, saat mau menjual ikan, harganya ya dicocokkan, jadinya rugi," kata Ganjar kepada wartawan, Jumat (07/01/2016).

Selain program kredit perbankan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menerbitkan kartu Tani dan Nelayan. Kartu ini merupakan prasayarat untuk mendapat sejumlah program subsidi pemerintah, seperti subsidi pupuk dan bibit untuk petani, atau bahan bakar untuk nelayan nelayan. Ditargetkan pada Agustus 2016 nanti kartu Tani dan Nelayan akan diluncurkan.

Editor: Dimas Rizky

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending