BERITA

Pasokan Air Bersih di Situbondo Hanya Cukup Satu Bulan

"Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Saitubondo Zainul Arifin mengatakan, penpihaknya saat ini telah memasok 15 ribu liter air bersih dengan menggunakan tiga truk tangki secara bergiliran"

Hermawan Arifianto

Pasokan Air Bersih di Situbondo Hanya Cukup Satu Bulan
Ilustrasi warga krisis air. Foto: Antara

KBR, Situbondo - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengaku hanya sanggup memasok kebutuhan air bersih untuk delapan kecamatan yang terdampak kekeringan, selama satu bulan saja.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Saitubondo Zainul Arifin mengatakan, lembaganya saat ini telah memasok 15 ribu liter air bersih dengan menggunakan tiga truk tangki secara bergiliran. Kata dia, dengan secara bergiliran  setiap desa dipasok air bersih tiga hari sekali.


Namun demikian pasokan air bersih itu hanya cukup untuk satu bulan, sebab aloakasi anggaran untuk air bersih dari APBD Situbondo tahun ini cukup minim.


“Kita kemarin sudah rapat dengan Provinsi, seper Pemerintah Provinsi juga akan membantu untuk bulan- bulan selanjutnya. Provinsi juga dengan BNPB nanti,”kata Zainul Arifin (30/7/2015)


Ia juga menambahkan, untuk mengatasi krisis air bersih di Situbondo ini, pihaknya berencana untuk mengajukan bantuan kepada BPBD Provinsi Jawa Timur.


Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, mulai dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. Delapan Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Banyuputih, Asembagus, Jangkar, Arjasa, Kendit, Mlandingan, Jatibanteng.


Saat ini Pemerintah Situbondo menetapkan daerahnya siaga darurat bencanan kekeringan.


Editor: Bambang Hari 

  • pasokan air bersih
  • krisis air bersih
  • kekeringan Situbondo
  • BPBD Situbondo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!