BERITA

Jelang Lebaran Uang Palsu Marak Beredar di Pangkalan Bun

"Uang palsu mulai marak beredar di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng."

Alex Gunawan

Jelang Lebaran Uang Palsu Marak Beredar di Pangkalan Bun
Ilustrasi - Uang palsu (ANTARAFOTO)

KBR, Pangkalan Bun - Uang palsu mulai marak beredar di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Hal ini cukup meresahkan masyarakat karena uang palsu yang diedarkan sangat mirip dengan aslinya.

Nurhamidah, seorang pedagang sembako di Jalan Ratu Mangku Pangkalan Bun mengaku telah tiga kali menjadi korban. Uang kertas pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu itu kertasnya kasar dan saat diterawang ada watermark gambar pahlawan. Sehingga sulit dibedakan dengan aslinya.


"Dia itu mungkin ambil kesempatan beli saat orang banyak (ramai), yang Rp 50 ribu saya simpan ke bank dan ditahan bank, terus ada dapat lagi Rp 50 ribu dari tetangga saya, dia bilang dapat dari pedagang asongan, yang terakhir ini (Rp100 ribu) saya kurang tahu dari mana sepertinya belanjanya waktu malam hari," kata Nurhamidah saat ditemui KBR di tokonya, Rabu (1/7/2016).


Menurut Hamidah, sangat sulit membedakan uang palsu edisi terbaru dengan uang asli. Padahal, Hamidah sudah membeli alat pendeteksi uang seharga Rp 175 ribu.


Editor : Sasmito Madrim

  • uang palsu
  • kota pangkalan bun
  • alat pendeteksi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!