Ini Kritik Wisatawan untuk Pemkab Bondowoso

Kawah Wurung sudah dipersiapkan menjadi salah satu objek wisata unggulan yang menawarkan pemandangan alam beserta wisata paralayang.

BERITA | NUSANTARA

Minggu, 19 Jul 2015 13:55 WIB

Author

Friska Kalia

Ini Kritik Wisatawan untuk Pemkab Bondowoso

Wisatawan yang hampir terjatuh saat melewati jalan menuju Kawah Wurung, Bondowoso, Sabtu (19/7/2015). Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso – Buruknya infrastruktur pariwisata di Bondowoso, Jawa Timur membuat sejumlah wisatawan mengkritik Pemerintah Daerah setempat.

Salah seorang wisatawan asal Kabupaten Jember, Adi Sutrisno menjelaskan, buruknya akses jalan menuju lokasi wisata Kawah Wurung di Desa Kalianyar menjadi salah satu prioritas Pemkab setempat. Apalagi Kawah Wurung sudah digadang–gadang sebagai salah satu objek wisata unggulan yang menawarkan pemandangan alam beserta wisata paralayang.

“Sayang sekali jalannya masih rusak. Harus segera diperbaiki karena saya dengar ini akan jadi wisata paralayang,” kata Adi Sutrisno saat ditemui KBR, Sabtu (18/7/2015) kemarin.

Hal serupa disampaikan Rosie, wisatawan asal Malang yang datang berkunjung karena mendengar Kawah Wurung memiliki panorama yang indah. Menurut dia, kawasan wisata yang menawarkan hamparan padang rumput yang sangat luas ini cukup potensial untuk dikembangkan. Asal Pemkab memperhatikan sarana dan prasaran untuk mengakses kawasan Kawah Wurung.

“Aduh jalannya rusak parah. Tadi teman saya juga hampir saja jatuh. Semoga saja jalannya bisa segera diperbaiki,” keluhnya.

Selain itu Rosie juga mengkritik tidak adanya sarana dan prasarana yang memadahi untuk wisatawan agar lebih nyaman menikmati pemandangan alam. Harusnya, kata Rosie, sebelum di promosikan harus dijelaskan apa saja fasilitas yang bisa diakses oleh wisatawan ketika tiba di Kawah Wurung.

Berdasarkan pantauan KBR, akses jalan menuju Kawah Wurung masih sangat buruk. Jalan berbatu serta terjal harus dilalui wisatawan untuk sampai di kawasan setinggi 1.400 mdpl tersebut. Selain itu, tebalnya debu membuat jarak pandang saat mengemudi juga terbatas. Menurut warga Dusun Curah Macan, yaitu dusun terdekat dengan Kawah Wurung, sudah banyak wisatawan yang terjatuh saat mencoba melewati jalur tersebut.

Buruknya infrastruktur pariwisata ini terjadi hampir di semua objek wisata di Kabupaten Bondowoso. Mulai dari rusaknya akses jalan, minimnya sarana prasarana pariwisata hingga lokasi wisata yang tidak terawat.

Editor: Citra Dyah Prastuti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Inisiatif Daur Pangan di Masa Pandemi

Mama 'AW': Menerobos Semak Berduri

Kabar Baru Jam 8

Waspada Peningkatan Kekerasan terhadap Perempuan di Dunia Siber