BERITA

Gunung Api Gamalama Meletus

"Abu vulkanik dilaporkan mengarah ke timur, Utara dan Barat Laut."

Idhar Abd Rahman

Gunung Api Gamalama Meletus
Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama, Darno Lamane. Foto: Idhar Abd Rahman KBR

KBR-Ternate, Gunung Api Gamalama di Kota Ternate pada pukul 09.58 WIT tadi tiba-tiba menyumburkan abu vulkanik setinggi 1 kilometer. Letusan itu sontak saja mengagetkan warga yang bermukim di dekat Gunung Gamalama.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama, Darno Lamane mengatakan, abu vulkanik terpantau mengarah ke timur, utara dan barat laut.

"Karena memang ini sudah terjadi letusan, kami minta masyarakat tenang, daerah-daerah yang terkena abu vulkanik adalah bagian utara sama barat laut diharapkan tenang tidak usah terlalu panik, yang penting mengikuti arahan dari pemerintah daerah dalam hal ini BPBD dan mengikuti informasi dari media supaya datanya lebih akurat sehingga masyarakat tetap tenang, waspada level dua status Gunung Gamalama sekarang," katanya (16/7/2015).

Darno menambahkan pihaknya telah melaporkan aktifitas Gunung Api Gamalama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate sejak sore kemarin. Meski demikian, ia belum merekomendasikan status Gunung Api Gamalama naik dari level waspada menjadi siaga.

Sebelumnya, peningkatan aktifitas Gunung Gamalama terjadi sangat cepat sejak sore kemarin. Namun, demikian sesuai data semograf sampai pukul 11.00 WIT intensitas gempa dan letusan cenderung menurun.

Editor : Sasmito Madrim
  • Gunung Gamalama
  • Status Gunung Gamalama
  • Erupsi Gunung Gamalama
  • Gunung Gamalama Meletus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!