NUSANTARA

BMKG : Gelombang Laut di Selat Sunda Normal

"Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kondisi cuaca di jalur penyeberangan di sekitar Selat Sunda, Selasa (29/7)siang ini cerah. Namun begitu, akan terjadi potensi hujan menjelang sore nanti."

Danu Mahardika

BMKG : Gelombang Laut di Selat Sunda Normal
gelombang, selat sunda

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kondisi cuaca di jalur penyeberangan di sekitar Selat Sunda, Selasa (29/7)siang ini cerah. Namun begitu, akan terjadi potensi hujan menjelang sore nanti. 


Prakirawan BMKG, Romadi mengatakan, tinggi gelombang di wilayah tersebut tergolong aman sehingga tidak membahayakan angkutan penyeberangan yang melintas.


"Tinggi gelombang untuk penyebrangan Merak-Bakaheuni cukup aman kondisinya. Tinggi gelombangnya rata-rata 0,75 hingga maksimumnya 1 hingga 1,5 cm, sehingga dikategorikan cukup aman untuk angkutan tertentu. Namun di jalur penyebrangan tersebut pada siang menjelang sore ini ada potensi turun hujan yang akan terjadi di jalur itu," jelasnya saat dihubungi KBR, Selasa (29/7)


Romadi menambahkan, untuk pola angin di wilayah Selat Sunda, hari ini rata-rata masih bertiup dari arah tenggara menuju barat daya dengan kecepatan angin berkisar antara 0,5 hingga 35 km/jam. Angka ini tergolong normal sehingga tidak memicu gelombang laut yang tinggi.


Editor: Antonius Eko 

  • gelombang
  • selat sunda

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!