NUSANTARA

Jokowi: Atasi Sampah, Warga Jangan Buang Sampah ke Sungai

"Pemerintah DKI Jakarta tidak akan menambah alat berat untuk mengurangi tumpukan sampah di pintu air Manggarai. Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan, Pemerintah DKI menilai solusi tumpukan sampah hanya bisa diatasi jika kesadaran masyarakat bisa ditimbulka"

Pipit Permatasari

Jokowi: Atasi Sampah, Warga Jangan Buang Sampah ke Sungai
Atasi Sampah, Sungai, Jokowi

KBR68H, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta tidak akan menambah alat berat untuk mengurangi tumpukan sampah di pintu air Manggarai.

Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan, Pemerintah DKI menilai solusi tumpukan sampah hanya bisa diatasi jika kesadaran masyarakat bisa ditimbulkan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

"Ini sebenarnya cara penyelesaian yang tidak benar. Ada sampah di sungai, kemudian kita bawa bego (kendaraan alat berat untuk meratakan tanah, red.) kesini, kita cara dump truck (truk pengangkut pasir/tanah, red.) kesini. Kemudian dibawa ke Bantar Gebang. Harusnya ini bego dan dump truck tidak diperlukan disini kalau masyarakat tidak membuang sampah di sungai. Artinya yang perlu dibangun adalah kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sehingga bego tidak diperlukan disini," ujar Joko Widodo di Pintu Air Manggarai.

Gubernur DKI Joko Widodo menambahkan, setelah lebaran nanti, Jokowi akan berkampanye menyosialisasikan agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai.

Sebelumnya gundukan sampah setinggi 3 meter membuat Jokowi berang. Gundukan sampah itu akibat perilaku warga membuang sampah di sungai.

Editor: Anto Sidharta

  • Atasi Sampah
  • Sungai
  • Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!