Dinsos Bebaskan Belasan ODGJ Korban Pasung di Trenggalek

"Saat ini ada 16, tapi yang pasung murni ada 4, yang 12 itu re-pasung. Dulu sudah dibebaskan, sudah kita obati, tetapi setelah kembali pulang mereka dipasung,"

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 15 Jun 2021 11:29 WIB

Author

Adhar Muttaqin

Dinsos Bebaskan Belasan ODGJ Korban Pasung di Trenggalek

Dinsos Jatim dan Trenggalek bebaskan 13 ODGJ yang dipasung keluarga, Senin (14/06/21). (KBR/Adhar Muttaqin).

KBR, Trenggalek- Tim gabungan Dinas Sosial Pemprov Jatim bersama Dinsos Trenggalek membebaskan 13  Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung selama bertahun-tahun.

Kepala Dinas Sosial Trenggalek Ratna Sulistyowati, mengatakan dari 16 korban pasung, yang masih ada di wilayahnya, terdapat 13 yang dibebaskan. Kata dia, sisanya masih menunggu izin dari keluarga.

Menurutnya pemasungan ODGJ di Trenggalek dilakukan dengan berbagai cara, mulai dirantai, dimasukkan kerangkeng hingga dikurung di dalam ruangan.

"Saat ini ada 16, tapi yang pasung murni ada 4, yang 12 itu re-pasung. Dulu sudah dibebaskan, sudah kita obati, tetapi setelah kembali pulang mereka dipasung," kata Ratna, Senin (14/06).

Para korban pasung yang dibebaskan kemudian  dibawa ke RSJ Menur Surabaya untuk mendapatkan perawatan kejiwaan dan medis. Jika kondisinya membaik, para korban pasung akan dilakukan pembinaan di panti sosial, sebelum dikembalikan kepada keluarga.

Ratna mengatakan pemasungan di Trenggalek kembali marak, karena banyak yang dipasung ulang oleh keluarganya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10