BERITA

TNI AL Nunukan Gagalkan Penyelundup Ribuan Kepiting Betina Ke Malaysia

""Untuk asalnya dari Tarakan dibawa ke Tawau. Tapi dokumen-dokumennya masih kita periksa,“"

Adhima Soekotjo

TNI AL Nunukan Gagalkan    Penyelundup Ribuan Kepiting Betina Ke  Malaysia
TNI AL Nunukan, Kaltara melepaskan ribuan kepiting betina yang akan diselundupkan ke Tawau Malaysia. (Foto: KBR/Adhima S.)


KBR, Nunukan- TNI AL yang bertugas di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara menggagalkan upaya penyelundupan ribuan kepiting ke Tawau Malaysia. Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan Letkol  Laut  (P) Hreesang Wisanggeni mengatakan, kedua speedboad   ditangkap oleh kapal patroli TNI AL Kamis pukul 01:00 Wita di perairan perbatasan tersebut membawa kepiting  dari Kota Tarakan.

“Untuk jumlah kepitingnya kurang lebih 70 boks dan 1 boksnya  kurang lebih 8 kilogram.  Untuk asalnya dari Tarakan dibawa ke Tawau. Tapi dokumen-dokumennya masih kita periksa,“ ujar Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan Letkol  Laut  (P) Hreesang Wisanggeni , Kamis (23/06/2016).

Saat ini 6 orang tersangka  penyelundupan kepiting jenis kepiting bakau tersebut masih diperiksa TNI AL Nunukan.  Mahalnya  harga kepiting di Tawau Malaysia disinyalir menjadi  pemicu tingginya upaya penyelundupan kepiting ke Malaysia. Tercatat 3 kali upaya penyelundupan kepiting ke Tawau Malaysia berhasil digagalkan aparat  selama tahun 2016.

Ribuan kepiting  yang akan diselundupkan ke Malaysia tersebut  Kamis sore dilepaskan di pantai berbakau di sekitar Pangkalan TNI AL Nunukan.

Editor: Rony Sitanggang


  • penyelundupan kepiting
  • Tawau Malaysia
  • Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan Letkol Laut (P) Hreesang Wisanggeni

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!