BERITA

Jepang Resmikan Ponkesdes di Bondowoso

"Di Ponkesdes ini terdapat sejumlah pelayanan kesehatan bagi warga diantaranya pelayanan bersalin, hingga pemeriksaan kesehatan."

Friska Kalia

Jepang Resmikan Ponkesdes di Bondowoso
Konsul Jendral Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato, saat menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Ponkesdes di Desa Sumber Waru, Binakal, Bondowoso, Selasa (14/6/2016). Foto: Friska

KBR, Bondowoso – Pemerintah Jepang meresmikan pusat kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Menurut Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato, akses pelayanan kesehatan dan pendidikan di Bondowoso masih minim.

“Alasan pertama karena Jepang dan Indonesia bersahabat. Alasan kedua karena kami melihat ada banyak daerah yang masih susah mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik atau pusat kesehatan,” kata Yoshiharu Kato usai meresmikan Ponkesdes di Desa Sumber Waru, Kecamatan Binakal, Selasa (14/6/2016).

Di Bondowoso, Pemerintah Jepang telah membangun Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) di Desa Sumber Waru Binakal. Di Ponkesdes ini terdapat sejumlah pelayanan kesehatan bagi warga diantaranya pelayanan bersalin, hingga pemeriksaan kesehatan.

Menurut Yoshiharu, Jepang saat ini tengah memprioritaskan pembangunan pusat kesehatan dan pendidikan di sejumlah provinsi, seperti Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Setiap tahun, ada 4 proyek pembangunan yang akan didanai Pemerintah Jepang dengan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk masing-masing proyek.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Bondowoso
  • Jepang
  • pelayanan kesehatan
  • pusat kesehatan dan pendidikan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!