BERITA

Hari Pertama Mudik Gratis ke Pulau Sapeken Madura Sepi Peminat

"“Berdasarkan dispensasi yang diberikan Dirjen Perhubungan Laut jadi memperhitungkan luas kapal, dibagi dengan faktor kelonggaran 1,2 sehingga dipenuhi jumlah maksimal adalah 150 penumpang,” "

Hermawan Arifianto

Hari Pertama Mudik Gratis ke Pulau Sapeken Madura Sepi Peminat
Ilustrasi: Sejumlah pemudik dengan tujuan Pulau Sapeken bersiap menaiki KM Sabuk Nusantara di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (26/6). (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi- Hari pertama pelaksanaan mudik gratis ke Pulau Sapeken Madura dari Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi Jawa Timur, sepi peminat. Dari 150 kuota penumpang kapal yang disediakan, hari  ini hanya kurang lebih 100 orang yang ikut mudik gratis. Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi Ugan Sugiana  mengatakan, sepinya penumpang mudik gratis  karena sebagian penumpang lainnya lebih memilih naik kapal komersial.  Ini karena kapal dengan  jurusan yang sama  jadwal pemberangkatan lebih awal dibandingkan kapal mudik gratis.

Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan kelaikan kapal, armada kapal perintis yang digunakan angkutan mudik gratis hanya cukup untuk mengangkut 150 orang penumpang. Sehingga untuk menghindari over kapasitas penumpang KSOP Tanjungwangi Banyuwangi terpaksa mengurangi muatan kapal.

“Berdasarkan dispensasi yang diberikan Dirjen Perhubungan Laut jadi memperhitungkan luas kapal, dibagi dengan faktor kelonggaran 1,2  sehingga dipenuhi jumlah maksimal adalah 150 penumpang,” kata Ugan Sugiana, Kamis (29/6/2016).

Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi Ugan Sugiana menambahkan, hingga saat ini tiket mudik gratis ke Pulau Sapeken Madura masih tersedia. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan mudik gratis ini bisa mendaftar langsung ke Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

Kapal yang digunakan untuk angkutan mudik gratis ini yaitu satu kargo Prima Nusantara 01  yang sudah dimodifikasi. Mudik gratis ini dilakukan selama 6 kali kapal pemberangkatan PP dari pelabuhan Tanjungwangi.


Editor: Rony Sitanggang

  • mudik gratis
  • mudik 2016
  • Pulau Sapeken Madura
  • Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi Jawa Timur
  • Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi Ugan Sugiana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!