BERITA

Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Inflasi di NTT

"Maskapai diminta tak tetapkan harga tiket sampai pada batas atas yang ditentukan agar tak pengaruhi inflasi di NTT. "

Silver Sega

Ilustrasi inflasi. Foto: Antara
Ilustrasi inflasi. Foto: Antara

KBR, Kupang- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Nusa Tenggara Timur meminta maskapai penerbangan tak menetapkan harga tiket sampai pada batas atas yang ditentukan. Ini karena harga tiket pesawat sangat mempengaruhi inflasi di NTT. 

Wakil Ketua TPID NTT Naek Tigor Sinaga mengatakan lembaganya akan menyurati Menteri Perhubungan dan meminta agar penetapan batas atas harga tiket tidak telalu tinggi. Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan dengan maskapai penerbangan yang beroperasi di NTT.

"Kalau tidak dilakukan langkah-langkah yang konkrit maupun langkah-langkah yang afirmatif, dikhawatirkan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap inflasi kita. Sehingga dengan demikian kita akan menyampaikan pula kepada menteri perhubungan yang nanti akan disampaikan oleh Pak Gubernur, yang dikoordinir oleh Angkasapura, terkait dengan bagaimana menetapkan batas atasnya itu tidak terlalu tinggi,"  kata Naek Tigor Sinaga di Kupang, Selasa (23/06).

"Dan dalam waktu dekat ini Pa Gubernur juga minta untuk pertemuan maskapai agar bisa dihimbau kepada mereka untuk tidak menaikan sampai di batas maksimum tertinggi," lanjut Naek Tigor Sinaga

Sebelumnya Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Timur mencatat angka inflasi pada Mei mencapai 0,45 persen. Kepala BPS NTT Anggoro Dwitjahyono mengngatakan meningkatnya inflasi di NTT pada Mei karena dipicu naiknya indeks harga pada seluruh kelompok pengeluaran, kecuali kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar.

Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks terbesar terjadi pada kelompok transport (termasuk tiket pesawat), komunikasi, dan jasa keuangan yang naik sebesar 0,93 persen, diikuti oleh kelompok sandang yang mengalami kenaikan sebesar 0,75 persen, dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau yang naik 0,64 persen. Sebelumnya pada April lalu inflasi di NTT hanya 0,21 persen.

Editor: Dimas Rizky

  • inflasi ntt
  • harga tiket
  • tiket pesawat
  • tpid ntt

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!