BERITA

Belu Segera Punya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

"Akan himpun berbagai informasi untuk pemerintah."

Silver Sega

Belu Segera Punya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat
Ilustrasi konflik warga. Foto: Antara

KBR, NTT - Pemerintah Kabuaten Belu Nusa Tenggara Timur bakal membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM hingga ke desa dan kelurahan. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belu Aloysius Haliseren mengatakan, forum ini akan menghimpun berbagai informasi dan disampaikan ke pemerintah untuk disikapi. Selama ini kata Aloysius Haliseran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat baru terbentuk di tingkat kabupaten.

"Di Kabupaten Belu sudah ada forum ini dan informasi yang kita dapatkan forum-forum ini pun akan dibentuk di tingkat desa kelurahan khusus penggalangan informasi. Jadi informasi apa yang didapatkan oleh anggota forum ditindaklanjuti dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar dicarikan upaya-upaya tindak lanjut sebagaimana yang dibutuhkan, manakala mereka mendapatkan potensi konflik untuk segera menyampaikan informasi itu kepada pihak yang lebih tinggi," kata Aloyisus Haliseran, yang dihubungi dari Kupang, Kamis (18/6/2015).


Aloysius Heliseren menambahkan, forum kewaspdaan dini masyarakat sangat dibutuhkan di kabupaten Belu yang berbatasan dengan Timor Leste. Dia mengatakan forum ini akan mampu menangkal berbagai hal yang bisa menimbulkan konflik di masyarakat. Dia berharap warga di wilayah perbatasan itu ikut berperan mengantisipasi berbagai potensi konflik yang bakal timbul di tengah masyarakat. 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • Forum Komunikasi
  • Kewaspadaan Masyarakat
  • informasi konflik daerah
  • FKDM
  • NTT

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!