NUSANTARA

Seperempat Wilayah papua Cocok untuk Peternakan Sapi

"KBR, Jayapura - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua mengklaim seperempat dari luas wilayah Papua yang lebih dari 319 ribu km2, dapat dijadikan lokasi peternakan sapi."

Katharina Lita

Seperempat Wilayah papua Cocok untuk Peternakan Sapi
peternakan, sapi, papua, portalkbr

KBR, Jayapura - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua mengklaim seperempat dari luas wilayah Papua yang lebih dari 319 ribu km2, dapat dijadikan lokasi peternakan sapi. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua, Petrus Pasereng mengatakan saat ini pengembangan peternakan sapi baru dilirik sejumlah kabupaten, diantaranya Kabupaten Keerom, Jayapura, Nabire dan Merauke. Namun, ia mengklaim sudah memiliki program untuk meningkatkan kualitas SDM untuk memaksimalkan ternak sapi.

“Kira-kira seperempat dari wilayah Papua ini, itu merupakan wilayah yang baik dikembangkan sebagai wilayah peternakan. Kedepan, yang paling adalah peningkatan kualitas SDM baik petugas maupun petaninya. Dalam hal ini melalui pelatihan-pelatihan dan dimagangkan kedaerah yang sudah lebih maju di bidang peternakannya,” jelasnya.

Saat ini sejumlah daerah juga telah dijadikan sentra peternakan sapi yang berintegrasi dengan perkebunan sawit, misalnya saja didaerah Koya, Kota Jayapura dan di Kabupaten Keerom. Penyebaran peternak sapi potong di Papua mencapi lebih dari 79 ribu, terbanyak ada di Kabupaten Merauke, Kota Jayapura, Nabire, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Biak Numfor. Sentra sapi potong ini nantinya diproyeksikan bisa memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri, bahkan untuk komoditas ekspor.


Editor: Irvan Imamsyah

  • peternakan
  • sapi
  • papua
  • portalkbr

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!