NUSANTARA

Jelang HUT OPM, Polisi Antisipasi Kerawanan di 5 Kabupaten

"Kepolisian Papua mensinyalir ada lima kabupaten rawan menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Juli mendatang."

Katharina Lita

Jelang HUT OPM, Polisi Antisipasi Kerawanan di 5 Kabupaten
HUT OPM, Kerawanan

KBR, Jayapura – Kepolisian Papua mensinyalir ada lima kabupaten rawan  menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Juli mendatang.

Menurut Kapolda Papua, Tito Karnavian, peringatan HUT OPM yang waktunya berbarengan dengan HUT Bhayangkara memiliki beberapa titik rawan.

“Kami kita tetap antisipasilah beberapa tempat, kita sudah tau tempat-tempat tradisional, mulai dari perbatasan Keerom, kemudian Kabupaten Jayapura, Puncak Jaya, Lanny Jaya, itu menjadi atensi buat kita,” jelasnya.

Daerah lainnya, kata Tito, adalah daerah di perbatasan Papua dan Papua Nugini.

Walau ada beberapa daerah yang rawan, namun menurut Tito kondisi di Bumi Cenderawasih tetap kondusif. Hingga kini, kata dia, tidak ada penambahan pasukan menjelang HUT OPM.

Sementara, untuk mengantisipasi kerawanan keamana, polisi juga menggelar razia rutin di sekitar Skouw-Wutung, perbatasan Papua dan Papua Nugini. Razia tersebut lebih difokuskan kepada senjata tajam, senjata api dan juga minuman keras.

Editor: Anto Sidharta

Baca juga:

TNI Tembak Mati Komandan OPM

  • HUT OPM
  • Kerawanan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!