NUSANTARA

Puluhan Penderita Gangguan Jiwa di Kediri Dipasung

"KBR68H, Kediri - Puluhan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur hidup dalam pasungan."

Toro Suharjo

Puluhan Penderita Gangguan Jiwa di Kediri Dipasung
gangguan jiwa, dipasung, kediri, jawa timur

KBR68H, Kediri - Puluhan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur hidup dalam pasungan. Mereka dipasung lantaran sering mengamuk dan mengganggu lingkungan sekitar. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Adi Laksono mengatakan, pemasungan atas kehendak keluarga, maupun lingkungan untuk membatasi ruang gerak para penderita gangguan jiwa.

“Kasusnya yang ditemukan 41 kalau tidak salah, yang dipasung. Banyak di Kecamatan Plosoklaten, ya itu macem macem karena permintaan keluarga pasien, ada yang karena permintaan lingkungan supaya tidak menganggu,” ungkap Adi Laksono.

Menurut Adi Laksono, Pemkab Kediri terus berupaya membebaskan para penderita gangguan jiwa dari pasungan, untuk kemudian dirawat di Rumah Sakit Jiwa milik pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sesuai data Dinas Kesehatan, jumlah penderita gangguan jiwa di Kediri tahun ini mencapai 120 orang. Mereka umumnya berasal dari keluarga miskin, sehingga kurang mendapat perawatan medis.

Editor: Doddy Rosadi


  • gangguan jiwa
  • dipasung
  • kediri
  • jawa timur

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!