NUSANTARA

Pembangunan Waduk Jatigede Hampir Rampung

"Kementerian Pekerjaan Umum mengklaim pembangunan Waduk Jati Gede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat hampir selesai. Namun, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, penyelesaian waduk tersebut masih menunggu tuntasnya masalah relokasi ribuan warga "

wiwik ermawati

Pembangunan Waduk Jatigede Hampir Rampung
waduk, jatigede, sumedang, jawa barat

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum mengklaim pembangunan Waduk Jati Gede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat hampir selesai. Namun, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, penyelesaian waduk tersebut masih menunggu tuntasnya masalah relokasi ribuan warga yang tinggal di sekitar waduk. Sekitar bulan Oktober ditargetkan waduk telah dialiri air.

"1 Oktober pintu terowongan ditutup kemudian kita airi. (Rumah-rumah di sana masih belum diselesaikan ya Pak?), itu yang sekarang dibahas. Jadi hari ini bukan membahas kapan waduk itu akan selesai, tapi bagaimana masyarakat yang tinggal di sekitar waduk bisa dipindahkan," kata Djoko di Gedung Kementerian Koordinator Perekonomian.

Hingga saat ini dari sekitar 4700 keluarga yang tinggal di areal bakal genangan waduk Jati Gede hanya sekitar 1900-an keluarga yang sudah mendapat kepastian ganti rugi.

Waduk Jati Gede dijadwalkan rampung pada Februari 2014. Pembangunan Waduk ini terkait dengan Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Waduk terbesar kedua di Indonesia ini bakal digunakan untuk irigasi, air baku, dan pembangkit tenaga listrik.

Editor: Antonius Eko

  • waduk
  • jatigede
  • sumedang
  • jawa barat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!