NUSANTARA

Balita di Bekasi Meninggal Diduga Karena Flu Burung

"Seorang anak laki-laki berusia 2,5 tahun di Bekasi, Jawa Barat meninggal lantaran diduga karena flu burung. Anak itu meninggal saat masa perawatan di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, kemarin."

Hamluddin

Balita di Bekasi Meninggal Diduga Karena Flu Burung
balita, bekasi, flu burung

KBR68H, Bekasi - Seorang anak laki-laki berusia 2,5 tahun di Bekasi, Jawa Barat meninggal lantaran diduga karena flu burung. Anak itu meninggal saat masa perawatan di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Anne Nurcandrani, mengatakan, penyebab meninggalnya anak itu masih dalam investigasi. Namun gejala medis mengarah ke virus burung atau H5N1.

"Tanggal 15 dirujuk ke Rumah Sakit Hermina Galaxi, panas. Waktu itu sementara diagnosanya masih tiroid. Kemudian di tanggal 17 ternyata sore harinya jam 4 itu sesak napas, kemudian tambah lagi malamnya jam 6 sesak napasnya semakin menjadi-jadi. Kemudian tanggal 18 jam 3 pagi dirujuk ke RS Hermina Kemakmuran, kemudian jam 08.00 Rumah Sakit Hermina koordinasi dengan Dinas Kesehatan mengarah ke suspek," kata Anne.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Bekasi bersama tim dari Kementerian Kesehatan tengah menginvestigasi di sekitar rumah dan pasar Jamblang untuk mencari tahu sumber penularan. Hal-hal yang diivenstigasi yakni, keberadaan dan kondisi kesehatan unggas di sekitar rumah, dan di pasar Jamblang. Untuk tindakan pencegahan, Dinas Kesehatan segera membagikan obat tamiflu kepada keluarga dan tetangga anak tersebut.

Editor: Antonius Eko 

  • balita
  • bekasi
  • flu burung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!