RAGAM

Indonesia Terima Donasi Setengah Juta Dosis Vaksin dari Persatuan Emirat Arab

"Hingga 1 Mei 2021, Indonesia telah menerima vaksin total berjumlah 74.465.600 dosis baik dalam bentuk bahan baku (bulk) termasuk overfill, maupun dalam bentuk vaksin jadi."

pau

Indonesia Terima Donasi Setengah Juta Dosis Vaksin dari Persatuan Emirat Arab
Sebanyak setengah juta vaksin pemberian Pemerintah Persatuan Emirat Arab tiba di Jakarta, Sabtu, 1 Mei 2021. Foto: InfoPublik/KominfoNewsroom/DJIKP/KEMKOMINFO

Jakarta - Sebanyak setengah juta vaksin pemberian Pemerintah Persatuan Emirat Arab tiba di Jakarta, Sabtu, 1 Mei 2021, pukul 12.05 WIB. Vaksin produksi Sinopharm, Tiongkok tersebut tiba menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-891 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Tawaran bantuan dari Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan pertama kali disampaikan saat kunjungan Menlu RI dan Menteri BUMN RI ke Abu Dhabi pada tanggal 21 Agustus 2020 lalu. Bantuan ini mencerminkan kedekatan hubungan bilateral Indonesia-Persatuan Emirat Arab, khususnya dalam 6 tahun terakhir ini.

Presiden Jokowi melalui pembicaraan via telepon (30/4) telah menyampaikan apresiasi kepada Putra Mahkota Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan atas pengiriman bantuan setengah juta vaksin tersebut. Setengah juta dosis vaksin yang baru tiba ini akan membantu mempercepat program vaksinasi yang telah dimulai sejak Januari 2021 di Indonesia.

Di tengah munculnya trend peningkatan secara eksponensial kasus penyebaran Covid-19 di beberapa negara serta munculnya varian-varian baru, maka sudah menjadi keharusan semua negara, termasuk Indonesia, untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya, termasuk melalui diplomasi secara intensif, untuk mendapatkan vaksin bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Hingga 1 Mei 2021, Indonesia telah menerima vaksin total berjumlah 74.465.600 dosis baik dalam bentuk bahan baku (bulk) termasuk overfill, maupun dalam bentuk vaksin jadi. Sementara itu, per 30 April 2021 Indonesia telah melakukan vaksinasi berjumlah 20,06 juta dosis, negara terbesar ketiga di kawasan Asia setelah RRT dan India.

  • adv
  • KPCPEN
  • Vaksinasi Covid-19
  • Vaksin Sinopharm
  • Persatuan Emirat Arab

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!