BERITA

Warga Amfoang Kupang Ancam Usir Warga Timor Leste di Naktuka

Warga Amfoang Kupang Ancam Usir Warga Timor Leste di Naktuka

KBR, Kupang- Warga Amfoang di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengancam akan mengusir warga Timor Leste di kawasan Naktuka. Raja Amfoang, Robi Manoh mengatakan, warga akan bergerak sendiri jika pemerintah Indonesia tidak serius menyelesaikan masalah batas negara Indonesia-Timor Leste itu.

Dia menuding, 65 kepala keluarga warga asal Oecusse, Timor Leste menyerobot kawasan Naktuka yang telah disepakati sebagai daerah bebas.


"kalau pemerintah Republik Indonesia tidak serius menangani ini, maka kita akan masuk dan dengan cara kita sendiri untuk melawan orang-orang yang sudah menempati lokasi steril tadi, yaitu di Naktuka. Karena sampai detik ini, MOU antara Indonesia dan Timor Leste daerah itu mash statuskuo artinya kosong. Tetapi sudah 65 KK yang sudah bercocok tanam di dalam. Sedangkan kita, dipihak kita, orang Amfoang dilarang untuk masuk ke sana. Cara sendiri ya, kita cari cara sendiri, mau pakai batu ke, apa ke nanti kita atur," kata Robi Manoh.


Naktuka merupakan wilayah demarkasi atau pemisah antara Indonesia dan Timor Leste. Kawasan seluas 1.600an hektare itu saat ini dikuasai warga Timor Leste asal Oecusse untuk berkebun dan membangun pemukiman. Sejak Timor Leste merdeka, wilayah Naktuka menjadi zona bebas, tetapi warga Timor Leste tetap menggarap wilayah itu dan membangun pemumikan.

Editor: Sasmito Madrim

  • Nusa Tenggara Timur
  • kupang
  • wilayah perbatasan
  • Timor Leste

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!