Masyarakat Keluhkan Pelayanan BPJS RSUD Koesnadi

Buruknya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Koesnadi Bondowoso, Jawa Timur terhadap peserta BPJS Kesehatan kembali mendapat kritik.

BERITA , NUSANTARA

Kamis, 14 Mei 2015 15:21 WIB

Author

Friska Kalia

Ilustrasi. Rumah Sakit.  Foto: Antara

Ilustrasi. Rumah Sakit. Foto: Antara

KBR, Bondowoso – Buruknya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Koesnadi Bondowoso, Jawa Timur terhadap peserta BPJS Kesehatan kembali mendapat kritik. Ketua Lembaga  Pengkajian dan Perlindungan Korban Kebijakan Publik (LP2KP) Bondowoso, Miftahul Huda mengatakan, pihaknya banyak mendapatkan keluhan terkait tidak sigapnya pelayanan oleh dokter dan perawat kepada para peserta BPJS.

“Keluhan yang paling banyak kita terima memang seputar pelayanan rumah sakit. Secara umum pelayanan RSUD Koesnadi sangat buruk sekali,” kata Miftah saat ditemui KBR, Kamis (14/5/2015).

Menurut Miftah, hingga saat ini pihaknya telah menerima keluhan dari sekitar 700 pasien miskin yang berobat ke RSUD Koesnadi. Dikatakan Miftah, banyak pasien yang meminta dirujuk rumah sakit Kabupaten Jember daripada Bondowoso.

“Pasien yang memerlukan rujukan banyak yang minta ke RS Jember saja. Disana pelayanannya luar biasa, mereka dilayani secara manusiawi. Kalau disini dokternya jarang ada, belum lagi perawat yang miskin senyum,” beber Miftah.

Miftah yang juga Ketua PMI Bondowoso ini bahkan pernah menyarankan adanya relawan yang bekerja khusus untuk melayani proses administrasi pasien kepada pihak RSUD Koesnadi. Hal ini dimaksudkan agar pasien yang datang bisa segera ditangani tanpa harus memikirkan proses administrasi yang rumit diloket pendaftaran. Namun hal tersebut, kata Miftah tidak digubris oleh pihak rumah sakit.

“Kami pernah menyarankan agar ada 2 relawan yang bisa ditugaskan untuk mengurus administrasi pasien diloket, namun sampai sekarang tidak digubris. Padahal, semakin jelek citra pelayanan rumah sakit, ini juga berdampak buruk ada citra pelayanan Pemda keseluruhan,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), saat ini terdapat 562.496 peserta BPJS di Kabupaten Bondowoso. Dari angka tersebut, jumlah Peserta Bantuan Iuran (PBI) menempati posisi terbanyak yakni 448.678 peserta. Sementara peserta mandiri hanya sebanyak 6.233 peserta.  

Editor: Malika
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17