BERITA

Angkat Produk Unggulan, Desa ini Gelar Festival Mrica

"Festival yang akan berlangsung pada 6-7 Mei 2015 itu merupakan upaya warga setempat untuk mendorong peningkatan produksi dan pemasaran online."

Muhamad Ridlo Susanto

Dinas Pertanian Banyumas dan pegiat pemberdayaan desa melihat sentra perkebunan merica di Desa Cinge
Dinas Pertanian Banyumas dan pegiat pemberdayaan desa melihat sentra perkebunan merica di Desa Cingebul, Banyumas. (Foto: Muhamad Ridlo/KBR)

KBR, Banyumas – Masyarakat Desa Cingebul Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar Festival Mrica untuk mengangkat produk unggulan desa agar lebih dikenal masyarakat luas. Festival yang akan berlangsung pada  6-7 Mei 2015 itu merupakan upaya warga setempat untuk mendorong peningkatan produksi dan pemasaran online. Mrica sendiri adalah kepanjangan dari Masyarakat Informasi Cingebul Raya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Banyumas, Wargianto mendukung upaya masyarakat Cingebul Kecamatan Lumbir untuk membangun sentra merica sebagai produk unggulan desa. Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Banyumas,  Wargianto mengatakan inisiasi masyarakat Desa Cingebul ini bisa meningkatkan pendapatan petani lahan kering.

"Yang lebih baik lagi, dan bisa dijadikan sentra merica di Banyumas. Kendati demikian untuk menjadi sentra harus ada beberapa hal yang harus dibenahi. Dan mungkin ke depan, tidak hanya tugas dinas pertanian perkebunan dan kehutanan saja yang terlibat, namun juga dinas lain yang terkait. Seperti Bapeluh untuk pembinaan kelompok, dan juga untuk pemasaran melibatkan dinas perdagangan", kata Wargianto, Kamis (7/5/2015) 

Sementara, Kepala Desa Cingebul Khusnadin mengatakan Festival Mrica yang digelar di Desa Cingebul adalah inisiasi para pemuda di desanya. Warga Cingebul melihat potensi merica yang sangat besar. Perkebunan merica di Cingebul saat ini sudah mencapai 30an hektar. Ditargetkan tahun depan sudah mencapai 50 hektar. Dan dalam waktu tiga tahun bisa mencapai 100 hektar. Saat ini lahan kering di Cingebul seluas 450 hektar.

Khusnadin menambahkan Festival Mrica digelar untuk menggabungkan kekuatan pemuda di sisi teknologi informasi dan para petani yang sudah berpengalaman budidaya merica. Perkembangan desa Cingebul dan produk unggulannya bisa dilihat di portal resmi desa, cingebul.desa.id. 

  • festival Mrica
  • Desa Cingebul
  • Banyumas
  • Masyarakat Informasi Cingebul Raya.
  • Sentra Merica

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!