NUSANTARA

Dusun Kabo Jaya Berpotensi Jadi Daerah Ekowisata

"KBR68H, Sangatta - Belum banyak warga Sangatta yang tahu bahwa Dusun Kabo Jaya Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara mempunyai obyek wisata menarik, terutama alam."

Radio Gema Wahana Prima

Dusun Kabo Jaya Berpotensi Jadi Daerah Ekowisata
dusun, kabo jaya, daerah ekowisata, kutai timur

KBR68H, Sangatta - Belum banyak warga Sangatta yang tahu bahwa Dusun Kabo Jaya Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara mempunyai obyek wisata menarik, terutama alam. Menurut Wakil Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, jika Dusun Kabo Jaya benar-benar dikembangkan dan ditata tentu menjadi daya tarik sendiri.

“Kawasan Kabo Jaya sebenarnya tidak kalah dengan obyek wisata alam lainnya, karenanya harus dimanfaatkan dan dikembangkan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Saat meresmikan pusat oleh-oleh Olsabara belum lama ini, Wabup Ardiansyah menyebutkan, ia  tertarik dengan Dusun Kabo Jaya karena kondisi alamnya yang luar biasa alami.

“Saya berharap aparat desa dan perangkat lainnya bisa memanfaatkan potensi yang ada, karenanya Bumdes harus mampu mengolah apa yang ada di Kabo sehingga membuka peluang kerja baru,” katanya.

Orang nomor dua di Pemkab Kutim ini, bersyukur, belum lama ini sudah ada MoU antara Desa Kabo Jaya dengan Balai TNK. Ia menyebutkan, BUMDes Swarga Bara fokus dengan kegiatan kewirausahaan lainnya terlebih dulu. Namun ia menaruh harapan, penggarapan ekowisata sebagai potensi lain dari desa segera dikembangkan.

“Dusun Kabo Jaya merupakan jalan masuk utama bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri, untuk dapat berkunjung ke Mentoko dan Prevab yang ada di Taman Nasional Kutai,” kata Ardiansyah seraya menaruh pesan kepada warga untuk selalu memberikan yang terbaik dan tarif yang wajar kepada pengunjung.

Data yang didapat, setiap tahun kujungan wisatawan ke kawasan Mentoko dan Prevab, rata-rata di atas 500 orang. Melihat meningkatnya arus kunjungan, ia menyarankan BUMDes dan masyarakat  membangun rumah makan yang representative dengan mengedepankan kebersihan dan kesehatan serta terjangkau.

“Dunia pariwisata nggak ada matinya, dalam keadaan krismon tetap saja eksis terbukti setiap tahun daerah tujuan wisata tetap saja semarak dikunjungi wisatawan seperti Bali, Yogyakarta serta daerah lainnya,” beber Ardiansyah.

Sumber: Radio Gema Wahana Prima

Editor: Doddy Rosadi

  • dusun
  • kabo jaya
  • daerah ekowisata
  • kutai timur

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!