BERITA

Hari Kartini, Pembuatan SIM di Jombang Gratis

"Itu bermakna perempuan cerdas berkendara"

Muji Lestari

Hari Kartini, Pembuatan SIM di Jombang Gratis
Pakai Kebaya. Sejumlah perempuan di Jombang ingin mendapatkan SIM secara gratis di Satlantas Jombang. (Foto: Muji Lestari/KBR)

KBR, Jombang- Memperingati hari Kartini, Kamis (04/21), Kepolisian Jombang, Jawa Timur, menggratiskan biaya pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi kaum perempuan. Namun, SIM gratis itu dengan beberapa syarat, salah satunya berkostum kebaya dan lulus tes.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang, Mellysa Amalia, mengatakan, pihaknya sengaja melakukan terobosan pengadaan SIM gratis hari ini. 

"Tidak bisa memperjuangkan, kita menikmati perjuangan dari Ibu Kartini jadi kita persembahkan untuk para perempuan hebat di Jombang memberikan kesempatan untuk mencari SIM tetapi tetap beretika dan tahu etika cara berlalu lintas yang benar," ujarnya. 

Maknanya kata dia, perempuan juga cerdas berkendara, meski dalam balutan kain kebaya. Alhasil kegiatan itu diserbu ratusan perempuan yang berdandan ala Kartini dengan berkebaya.

"Makanya kenapa saya sampaikan syarat dari SIM gratis ini mengenakan kebaya yang identik dengan Kartini namun tetap pintar dalam berkendara, harus lulus dari teori praktek dan ujian teori," tambahnya lagi.

Tidak hanya para pencari SIM gratis yang diwajibkan mengenakan pakaian kebaya, namun para Polwan yang biasanya mengenakan seragam dinas hari ini juga tampil beda.  Mereka dibalut kebaya modern, termasuk saat mereka melayani masyarakat juga berkostum pakaian tradisional itu.

Mellysa Amalia, menambahkan, bagi seluruh pencari SIM gratis yang hari ini dinyatakan lulus ujian, langsung akan mendapatkan SIM secara cuma-cuma.

Editor: Dimas Rizky

  • SIM
  • hari kartini

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!