BERITA

Banjir Bekasi Mulai Surut, Bantuan Logistik Sangat Dibutuhkan

"Lansia dan anak-anak diungsikan ke sejumlah ruko yang ebrada di sekitar perumahan Pondok Gede Permai"

Quinawati Pasaribu

Banjir Bekasi Mulai Surut, Bantuan Logistik Sangat Dibutuhkan
Banjir merendam Perumahan Pondok Gede Permai, Kota Bekasi. Foto: TMC Polda Metro

KBR, Jakarta - Tim Reaksi Cepat BNPB menyebut, korban banjir di Kota Bekasi membutuhkan bahan logistik seperti makanan dan air minum. Pasalnya kata anggota Tim Reaksi Cepat BNPB, Eka, sebagian besar korban masih bertahan di lantai dua rumah mereka. Sementara untuk lansia dan anak-anak diungsikan ke ruko-ruko yang berada di perumahan Pondok Gede Permai. Karena itu, setiap saat tim reaksi cepat harus mendistribusikan kebutuhan logistik warga yang masih bertahan di rumah.

"Warga yang rumahnya terendam, kita ungsikan ke rumah-rumah tetangga yang rumahnya berlantai dua. Di lantai dua mereka itu cukup tinggi. Jadi yang kita evakuasi keluar hanya anak-anak dan lansia yang jumlahnya sekitar 50an," kata Eka pada KBR, Jumat (22/4/2016).

Eka menjelaskan ada lima empat perumahan yang terencam banjir; Perumahan Rasio Indah di Kelurahan Jatikramat, Perumahan Pondok Gede Permai, Perumahan Vila Nusa Indah, dan Perumahan Pondok Mitra Lestari. Banjir terparah 2 hingga 3 meter merendam Perumahan Pondok Gede Permai. Sementara di Perumahan Rasio Indah sekitar 50 sampai 80 sentimeter.

"Pantauan terakhir jam 2 pagi tadi, di Pondok Gede Permai paling parah. Kami di lapangan hanya 10 sampai 15 orang, itu sangat kurang. Makanya dibantu personel TNI dan Polri," tambahnya.

Sementara itu, pompa air sudah berfungsi kembali, setelah sebelumnya mati. Hanya saja kata dia, tiga pompa itu kurang ampuh menyedot banjir. Untuk itu ia berharap Dinas PU bisa menambah pompa air tersebut.

Hujan deras di Jabodetabek sejak Kamis (21/4/2016) lalu menyebabkan banjir di beberapa tempat. Akibat hujan deras, disertai dengan kondisi sungai yang mengalami pendangkalan sehingga air meluap. Tanggul Sungai Cikeas pun tak mampu menahan debit sungai sehingga jebol. Patahan tanggul sekitar 10 meter dan rembesan air sepanjang 1 kilometer membanjiri pemukiman di Kota Bekasi. Sementara pompa mati, sehingga banjir makin sulit diatasi.

Dari catatan tim gabungan BNPB dan BPBD Bekasi, diperkirakan 600 keluarga atau sembilan ribu jiwa terdampak langsung akibat banjir.  

Editor: Damar Fery Ardiyan



  • banjir bekasi
  • pondok gede permai
  • tanggul cikeas
  • perumahan rasio indah
  • perumahan vila nusa indah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!