BERITA

Stasiun Gandrungmangu Cilacap Dioperasikan Kembali

"Sempat ditutup setahun lebih karena puluhan pedagang asongan."

Muhamad Ridlo

Stasiun Gandrungmangu Cilacap Dioperasikan Kembali
Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji memberangkatkan kereta api yang berangkat pertama kali di Stasiun Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah semenjak diaktifkan kembali, Senin (6/4). (Foto: KBR/Muhamad

KBR, Cilacap – Stasiun Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dioperasikan kembali, Senin  (6/4/2015) ini. Stasiun ini sempat ditutup setahun lebih karena gangguan puluhan pedagang asongan yang memaksa masuk ke gerbong kereta.

Juru Bicara PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, mengatakan kondisi di sepanjang jalur kereta kini sudah kondusif. Pengoperasian stasiun dilakukan atas permintaan masyarakat Cilacap untuk mempermudah transportasi darat ke beberapa kota besar lain.


"Ini masih uji coba selama sebulan ke depan. Kalau memang kondisi kondusif, bisa tertib maka akan diteruskan," ujar Surono kepada KBR.


Namun, kalau tidak tertib, stasiun akan dievaluasi dan mungkin ditutup kembali.

 

Surono meminta masyarakat bahu membahu dengan aparat keamanan untuk menjaga situasi di stasiun tersebut.


Terkait jumlah kereta, PT KAI menyiapkan Kereta Api pemberangkatan Daop 5 Purwokerto, yakni KA Serayu Pagi dan Serayu Malam jurusan Purwokerto - Jakarta PP. serta Kutojaya Selatan jurusan Kutoarjo - Kiaracondong PP. PT KAI akan menambah kereta lainnya jika terjadi peningkatan penumpang.


Editor : Rio Tuasikal 

  • cilacap
  • pedagang asongan
  • stasiun
  • kereta api
  • PT KAI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!