BERITA

Pendakian Malam di Kawah Ijen Kembali Dibuka

"Kepala Bidang Konservasi, Sunandar Tri Gunajasa mengatakan, saat ini para pendaki dan wisatawan telah diperbolehkan untuk melakukan pendakian malam karena dirasa sudah aman"

FRISKA KALIA

Pendakian Malam di Kawah Ijen Kembali Dibuka
kawasan Gunung Ijen (foto: Antara)

KBR, Bondowoso – Aktivitas pendakian malam di Kawasan Wisata Alam Kawah Ijen kembali dibuka kembali oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Timur. 

Kepala Bidang Konservasi, Sunandar Tri Gunajasa mengatakan, saat ini para pendaki dan wisatawan telah diperbolehkan untuk melakukan pendakian malam karena dirasa sudah aman. Penutupan yang sempat dilakukan BKSDA beberapa waktu lalu, dikarenakan adanya indikasi peningkatan gas beracun utamanya malam hari.

“Sebenarnya kemarin bukan kita tutup. Hanya memang untuk pendakian malam kami stop sementara, karena ada indikasi gas beracun yang ditandai dengan gelembung di kawah. Tapi sekarang sudah boleh,” kata Sunandar saat dikonfirmasi KBR, Kamis (2/4/2015).

Dikatakan Sunandar, sistem buka tutup pendakian utamanya malam hari ini akan tetap diterapkan oleh BKSDA. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi kepada para wisatawan. Selain itu, pihaknya juga menerjunkan tim untuk terus memantau kondisi kawah ijen.

“Jadi situasional ya, kalau kami rasa harus ditutup pendakian malam, ya akan kami tutup. Kita juga pantau terus dengan terjunkan tim termasuk pengamatan para penambang,” imbuhnya.

Sebelumnya, BKSDA Wilayah III Jawa Timur menutup jalur pendakian malam menuju kawah ijen. Penutupan ini dilakukan karena adanya indikasi peningkatan gas beracun utamanya malam hari yang beresiko bagi wisatawan. 

Editor: Antonius Eko 

 

  • gunung ijen

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!