NUSANTARA

Polisi Surakarta Tangkapi Pelaku Anarkis

"Polresta Surakarta, Jawa Tengah, mulai menangkapi satu-per-satu anggota kelompok radikal yang melakukan aksi anarkis di sejumlah lokasi dan menganiaya warga."

Yudha Satriawan

Polisi Surakarta Tangkapi Pelaku Anarkis
Polisi Surakarta, Pelaku Anarkis

KBR68H, Surakarta - Polresta Surakarta, Jawa Tengah, mulai menangkapi satu-per-satu anggota kelompok radikal yang melakukan aksi anarkis di sejumlah lokasi dan menganiaya warga.

Kasatreskrim Polresta Surakarta, Guntur Saputro mengatakan, kelompok ini diduga kuat melakukan pelemparan bom molotov, perusakan tempat hiburan malam dan pos linmas kelurahan, serta menganiaya sejumlah pengunjung dan warga.

Menurut Guntur, Polresta masih terus memburu anggota kelompok tersebut yang belum tertangkap.

“Yang bersangkutan terekam CCTV membawa bom molotov dan melemparkannya saat peristiwa itu, dan ini sudah kita identikkan dengan bukti, ternyata sesuai, cocok. Saat ini kita juga masih memburu 14 orang anggota kelompok tersebut, penyelidikan lebih lajut menangkap mereka. Kita minta mereka segera menyerahkan diri dan kita menjamin tidak akan melakukan hal-hal yang menyimpang atau melanggar aturan dalam menangani perkara atau kasus ini. Motivasi mereka melakukan aksi anarkis karena mendapat informasi dan instruksi dari salah seorang tersangka yang menjadi pimpinan kelompok tersebut dan saat ini belum tertangkap,” ujar Guntur Saputro.

Saat ini, 3 anggota kelompok radikal sudah ditangkap. Barang bukti yang disita polisi antara lain botol bekas cairan kimia bahan baku bom molotov, palu pemecah kaca dan perusak berbagai benda.

Sebelumnya, dua bulan lalu terjadi aksi pelemparan bom molotov, perusakan dan penganiayaan 4 warga di sebuah tempat hiburan malam dan pos linmas di kelurahan kawasan Sriwedari kota Surakarta. Pekan sebelumnya juga terjadi aksi sweeping sekelompok orang tak dikenal meresahkan masyarakat. Mereka juga menganiaya sejumlah warga yang mengakibatkan luka-luka.

Editor: Anto Sidharta

  • Polisi Surakarta
  • Pelaku Anarkis

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!