NUSANTARA

Peternakan Sapi Sawit akan Dikembangkan di Papua

"Sejumlah kabupaten di Papua akan dikembangkan menjadi peternakan sapi sawit. Pola pengembangan sapi yang berintegrasi dengan perkebunan sawit, adalah salah satu contoh peternakan dan perkebunan yang saling menguntungkan."

Katharina Lita

Peternakan Sapi Sawit akan Dikembangkan di Papua
Peternakan Sapi Sawit, Papua

KBR68H, Jayapura - Sejumlah kabupaten di Papua akan dikembangkan menjadi peternakan sapi sawit. Pola pengembangan sapi yang berintegrasi dengan perkebunan sawit, adalah salah satu contoh peternakan dan perkebunan yang saling menguntungkan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro mengtakan, sejumlah daerah yang akan dikembangkan peternakan sapi sawit adalah Kota Jayapura, Keerom, Merauke, Nabire dan Biak.

“Integrasi sapi sawit itu merupakan pengembangan sapi yang paling efisien. Oleh karena itu dan mereka sudah mulai mengembangkan, mereka sudah mulai biasa, baik yang penduduk asli maupun yang trans (transmigran, red.). Integrasi sapi sawit itu, tinggal dipoles sedikit, bagaimana mereka bisa mengelola limbah, kotoran, untuk dikelola sehingga menjadi income tambahan. Kemudian juga bagaimana mereka mengelola limbah sawit, untuk diolah menjadi pakan sapi yang lebih efesien,” ujarnya.  
        
Untuk meningkatkan pola pengembangan sapi sawit yang lebih efisien, pihaknya bersama dengan Dinas Peternakan Papua akan mengikuti pelatihan bagi sejumlah kelompok ternak sapi di Riau dan Kalimantan Selatan.

Ke depan, kata Syukur, Papua juga akan dijadikan sentra pakan sapi, mengingat potensi tanaman hijau, rumput, tanaman jagung yang melimpah di Papua. Bahkan, potensi pakan sapi ini bisa dieksport ke negara tetangga seperti Papua Nugini dan juga ke Surabaya dan Makassar.

Data dari Dinas Kementerian Pertanian menyebutkan, jumlah sapi potong di Papua mencapai lebih dari 79 ribu. Penyebarannya terbanyak di Merauke, Kota Jayapura, Nabire, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Biak Numfor.

Editor: Anto Sidharta

  • Peternakan Sapi Sawit
  • Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!