NUSANTARA

Penderita Gangguan Jiwa di Kudus Meningkat

"KBR 68H, Kudus - Jumlah pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kudus Jawa Tengah terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir."

Ahmad Rodli

Penderita Gangguan Jiwa di Kudus Meningkat
jiwa, kudus, penderita

KBR 68H, Kudus - Jumlah pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kudus Jawa Tengah terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kudus, Sunaryo mengatakan bahwa jumlah pasien gangguan jiwa yang mengunjungi klinik jiwa di Kudus pada bulan Januari 2014 sebanyak 448 pasien, kemudian bulan berikutnya naik menjadi 455 pasien. Jumlah ini meningkat menjadi 522 orang pada bulan Maret. Hingga 26 April 2014 jumlahnya sudah mencapai 514 orang.

“Jumlahnya 448 pada bulan Januari, Februari 455 kemudian pada bulan Maret naik menjadi 522 atau naik sekitar 20 persen, pada bulan april ini sampai tanggal 26 april sudah mencapai 514 pasien, rata-rata perhari antara 25 - 30 pasie.”.

Sementara itu, dokter jiwa RSUD Kudus, Rose Pandan Wangi mengungkapkan, dari ratusan pasien gangguan jiwa yang menjalani rawat jalan di RSUD Kudus sekitar 60 persennya mengalami gangguan jiwa skizofrenia yang merupakan gangguan jiwa berat.

Selebihnya mereka mengalami depresi.Usia pasien gangguan jiwa yang merupakan usia produktif yaitu antara 15-40 tahun.

Pasien yang menjalani pengobatan berasal dari Kabupaten Demak, Jepara dan Pati, namun pasien terbanyak berasal dari Kudus.


Editor: Luviana

  • jiwa
  • kudus
  • penderita

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!