NUSANTARA

Hijaukan Malang dengan Kelapa Sawit, Pemkot Dinilai Pentingkan Bisnis

"Karena di jalan itu ada banyak mal dan papan reklame"

Khusnul Khotimah

Hijaukan Malang dengan Kelapa Sawit, Pemkot Dinilai Pentingkan Bisnis
Malang, penghijauan, taman kota, kelapa sawit

KBR68H, Jakarta – Pemerintah Kota Malang dinilai lebih mementingkan aspek bisnis dengan menanam pohon kelapa untuk menghijaukan kota. 


Pemerhati lingkungan dari Universitas Brawijaya Nyoman Nurjaya menduga kelapa sawit ditanam karena tanaman ini tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan menghalangi papan reklame di Jalan Veteran. Padahal, menurut Nyoman, Dinas Pertamanan Malang lebih baik menanam pohon berbatang keras seperti mahoni. 


“Di Jalan Veteran kan ada banyak mal. Mal ini kalau ada pohon besar atau tinggi, yang namanya reklame jadi tidak kelihatan. Jadi Jalan Veteran nampaknya diarahkan ke sana,” kata Nyoman. 


(baca juga: Aneh, Mempercantik Taman Kota Malang dengan Tanam Sawit)


Belum lagi kelapa sawit akan merusak daerah resapan air yang ada di kota tersebut.


“Daerah itu sebenarnya daerah resapan air, karena daerah tinggi.”


Pemkot Malang, kata Nyoman, sebetulnya bisa melakukan banyak cara untuk memadukan taman dengan upaya penghijauan. Misalnya dengan menanam pohon keras di tepi jalan atau membangun taman di tengah pembatas jalan. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Malang
  • penghijauan
  • taman kota
  • kelapa sawit

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!