NUSANTARA

Sudah 3 Bulan, Dana BOS Sekolah Madrasah di Rembang Belum Cair

"Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawaiyah dibawah nauangan Kementerian Agama Kabupaten Rembang belum cair."

Radio R2B Rembang

Sudah 3 Bulan, Dana BOS Sekolah Madrasah di Rembang Belum Cair
Dana BOS, sekolah madrasah, rembang

KBR68H, Rembang- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawaiyah dibawah nauangan Kementerian Agama Kabupaten Rembang belum cair.

BOS mustinya dicairkan setiap tiga bulan sekali  antara Januari – Maret, tetapi sampai April ini, belum juga turun. Akibatnya penyaluran tahap kedua, antara bulan April – Juni, dipastikan juga akan molor.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Sulang, Srianto berharap ada langkah konkret untuk segera mencairkan dana BOS, karena sangat penting menunjang kegiatan sekolah, seperti Ujian Sekolah. 

Di sekolah lain juga banyak yang sudah kelimpungan. Sebagian meminjam dana tabungan siswa dulu, tapi ada pula bendahara sekolah yang berhutang ke pihak lain. Kepala Sekolah MI Jamyatus Solihin desa Dadapan Kec. Sedan, Zuber Utsman mengungkapkan dampaknya sangat terasa, apalagi ia memimpin sekolah swasta.

Selain untuk menanggung semua kebutuhan siswa, dana BOS juga digunakan membayari guru honorer. Menurut Zuber, seharusnya pemerintah memikirkan nasib para guru yang harus memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih disiplin dalam pembaruan data siswa dan manajemen sistem penganggaran.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kab. Rembang, Djasim ketika dikonfirmasi menjelaskan saat ini proses pencairan dana BOS bagi sekolah madrasah  berlangsung di tingkat pusat. Perkiraan akhir bulan April, sudah terdistribusikan kepada masing masing penerima.

Djasim menambahkan tiap siswa Madrasah Ibtidaiyah mendapatkan dana BOS Rp 580 ribu per tahun, sedangkan siswa Madrasah Tsanawiyah Rp 710 ribu per tahun. Untuk siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, dana BOS mereka telah cair lebih dulu, lantaran anggarannya dijadikan satu melalui anggaran daerah.

Sumber: Radio R2B Rembang

  • Dana BOS
  • sekolah madrasah
  • rembang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!