NUSANTARA

Pemkab Lumajang Waspadai Pohon Rawan Tumbang

"Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Lumajang , Sulsum Wahyudi, terus melakukan pemantauan terhadap pohon yang rawan tumbang."

Radio Semeru FM

Pemkab Lumajang Waspadai Pohon Rawan Tumbang
lumajang, pohon tumbang

 KBR68H, Lumajang- Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Lumajang , Sulsum Wahyudi, terus melakukan pemantauan terhadap pohon yang rawan tumbang. Keberadaan pohon yang tertata rapi di sepanjang jalan, khususnya wilayah perkotaan meskipun terlihat utuh, namun menurutnya kadang-kadang kondisi akar yang rapuh. Salah satunya karena kropos, sehingga bisa membahayakan pengguna jalan yang melintas jalur tersebut, karena sewaktu-waktu bisa tumbang. Kodisi semacam ini menurutnya harus segera dicarikan solusi, untuk mendapatkan ijin dari Bupati agar bisa dipotong.

“Penebangan pohon yang rawan tumbang biasanya menjelang musim hujan itu teman – teman sudah keliling, yang rawan itu terutama yang mati, yang bawahnya sudah rawan roboh, terlebih dahulu mengajukan kepada bapak bupati untuk ijin pemotongan, tetapi kadang – kadang kita luput deteksi, bawahnya sudah keropos tapi tidak kelihatan dari luar, dulu ada sampai lima yang roboh ya kita harus menangani, “ ungkap Sulsum Wahyudi. 

Sementara itu terkait jumlah pohon yang rawan tumbang dan perlu diwaspadai oleh masyarakat, DLH belum bisa mendata secara detail, tetapi masyarakat diharapkan cepat melapor ke DLH apabila mengetahui ada pohon yang akarnya kropos.

“Untuk saat ini mungkin tinggal sedikit ya, tetapi kalau nanti ada laporan dari masyarakat karna kita tidak bisa mendeteksi keseluruhan tentu akan kita tangani, kita tunggu partisipasi masyarakat, “ tambah Sulsum Wahyudi.

Sulsum juga berharap masyarakat turut serta menjaga keberadaan pohon, agar semakin  terjaga kelestariannya. Dia juga menghimbau agar masyarakat tidak membiasakan diri membakar sampah berdekatan dengan akar dan batang pohon, karena itu akan menyebabkan akar rusak sehingga rawan tumbang.

Sumber: Radio Semeru FM

  • lumajang
  • pohon tumbang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!