Positif Covid-19, Ratusan Napi Nusakambangan Isolasi di Blok Khusus

"Kebetulan kita di tiap-tiap lapas memiliki blok khusus. Artinya memang blok tersebut memang terpisah dengan penghuni yang lain. Khusus untuk yang positif, kita tempatkan di blok itu."

BERITA | NUSANTARA | RAGAM

Selasa, 23 Mar 2021 19:19 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Positif Covid-19, Ratusan Napi Nusakambangan  Isolasi di Blok Khusus

Ilustrasi: Lapas Pasir Putih Nusakambangan. (KBR/Ridlo)

KBR, Cilacap-     Otoritas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengisolasi ratusan narapidana (napi) terkonfirmasi positif Covid-19 dan reaktif rapid test antigen. Data dinas kesehatan Kabupaten Cilacap, terdapat 35 napi dan petugas lapas yang terkonfirmasi positif. Selain itu, ada pula 197 napi yang reaktif antigen.

Koordinator Kepala Lapas Se-Nusakambangan dan Cilacap, Jalu Yuswa Panjang mengatakan tiap-tiap lapas di Nusakambangan memiliki blok khusus. Kata dia, napi yang positif Covid-19 maupun yang reaktif antigen akan diisolasi di blok tersebut sehingga tidak terjadi penularan ke napi lain di Lapas yang sama.

Kata dia, semua napi merupakan orang tanpa gejala atau OTG.

Di Nusakambangan terdapat delapan lapas. Tujuh lapas berkategori berpengaman super maksimum dan maksimum dan satu Lapas Terbuka untuk napi berstatus asimilasi, atau hampir bebas.

“Untuk napi, kebetulan kita di tiap-tiap lapas memiliki blok khusus. Artinya memang blok tersebut memang terpisah dengan penghuni yang lain. Khusus untuk yang positif, kita tempatkan di blok itu. Dan blok itu masih memenuhi syarat. Sehingga yang bersangkutan tidak bersinggungan, atau bercampur dengan napi-napi lain, terutama yang negatif,” kata Jalu Yuswa Panjang.

Jalu Yuswa Panjang menambahkan, petugas yang positif Covid-19 maupun reaktif menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dinas. Pihak Lapas berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap untuk pengobatan dan pemberian vitamin dan nutrisi untuk napi positif Covid-19 tersebut.


Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa