BERITA

Puluhan Gajah Liar Masuk Kampung di Mukomuko

"Kawasan jelajah kawanan gajah ini terganggu akibat hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat sudah berubah jadi kebun sawit. "

Evi Tarmizi

Puluhan Gajah Liar Masuk Kampung di Mukomuko

KBR, Mukomuko – Puluhan gajah liar masuk ke dalam kebun milik masyarakat di Desa Semambang Makmur, Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Kawanan gajah liar ini masuk ke desa sejak Selasa (15/3/2016) lalu.

Camat Malin Deman, Joni Iskandar mengatakan, begitu kawanan gajah masuk, warga langsung berupaya mengusir dengan berbagai cara seperti memukul kentongan, membunyikan sirine, membuat api unggun dan lainnya.

"Kemarin langsung diusir oleh warga supaya tidak masuk kampung. Gajah tidak sering masuk, tapi sesekali ada yang masuk ke kebun plasma,” tutur Joni kepada KBR, Kamis (17/3/2016).

Konflik antara gajah dengan manusia terjadi hampir setiap tahun di Kabupaten Muko-muko. Wilayah tinggal dan kawasan jelajah kawanan gajah ini terganggu akibat hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat sudah berubah jadi kebun sawit – baik milik warga maupun milik perusahaan.

Editor: Citra Dyah Prastuti  

  • konflik gajah manusia
  • mukomuko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!