BERITA

Pemerintah Banyuwangi Siapkan Ruang Isolasi Pasien Flu Burung

"Selain menyiapkan ruang isolasi di RSUD Blambangan Banyuwangi, pemerintah juga menyiagakan 24 Puskesmas yang siaga menangani pasien flu burung."

Hermawan Arifianto

Pemerintah Banyuwangi Siapkan Ruang Isolasi Pasien Flu Burung
Petugas Kementerian Pertanian mengambil sempel lendir ayam yang terinfeksi virus flu burung di Desa Weringinagung Banyuwangi Jawa Timur. (Foto: KBR/ Hermawan)

KBR, Banyuwangi - Pemerintah Provinsi Banyuwangi, Jawa Timur menyiagakan Rumah Sakit Umum di Blambangan untuk mengantisipasi penyebaran virus flu burung dari unggas ke manusia. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Wiji Lestariono mengatakan, telah menyiapkan ruang isolasi khusus pasien terinfeksi flu burung.

”Selain kami memberikan penyuluhan terhadap warga tentang tanda-tanda flu burung dan pencegahanya, kami juga sudah menyiapkan rumah sakit umum Blambangan di Banyuwangi sebagai rujukan kasus flu burung. Jadi di sana sudah ada memang tempat khusus yang sudah kita siapkan ungtuk kasus-kasus flu burung seperti ini. Ada satu ruangan khusus untuk kasus flu burung,”kata Wiji Lestariono (26/3/2016). Meski begitu, hingga kini, pihaknya belum menemukan kasus penularan virus flu burung ke manusia.


Selain itu, Wiji menambahkan, pihak rumah sakit telah menyiapkan dokter dan paramedis terlatih yang sebelumnya memiliki catatan menangani pasien terindikasi flu burung. Ruang khusus itu, nantinya hanya diperuntukkan bagi penderita yang diduga tertular flu burung.

Tak hanya itu, pemerintah setempat juga menyiagakan 24 Puskesmas yang siaga menangani pasien flu burung. Di samping itu juga rutin melakukan penyuluhan terhadap warga terkait bahaya virus tersebut.

Penularan dari unggas yang positif flu burung ke manusia, menurut Wiji, sangat mungkin terjadi. Gejalanya kata dia, mirip dengan flu pada umumnya, namun disertai sesak napas. Oleh karena itu, penularan virus flu burung ini perlu diwaspadai. Sebab selama masih ada hewan yang positif terjangkit, maka manusia tetap berisiko tertular. Untuk itu, masyarakat diminta selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari kontak dengan unggas yang positif flu burung.

Editor: Nurika Manan

  • Flu burung; H5N1
  • Flu Burung Banyuwangi
  • Rumah Sakit Banyuwangi
  • Pemerintah Banyuwangi
  • dinas kesehatan banyuwangi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!